Martin Yehezkiel Sianipar, S.E., M.Si
Ketertarikan Editor terhadap ilmu manajemen dimulai pada tahun 2012 silam. Hal tersebut membuat Editor memilih untuk masuk ke Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematang Siantar yang diawali menyelesaikan Jurusan D-3 Manajemen Pemasaran dan melanjutkan S-1 Manajemen dan berhasil lulus pada tahun 2017.
Editor mengabdikan diri pada Universitas Satya Terra Bhinneka dan aktif menulis baik tulisan akademik dan non-akademik. Pada tahun 2022, Editor telah menyelesaikan pendidikan Magister Ilmu Manajemen dari Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung dengan konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia.
Editor adalah seorang akademisi “sustainability enthusiast”, yaitu memiliki ketertarikan terhadap tema keberlanjutan (sustainability) dalam konteks ilmu manajemen bisnis dan organisasi. Editor juga aktif menulis opini di media massa, yakni: Dibawa ke Mana Publikasi Ilmiah Kita? (Harian Analisa, 2021); Pancasila, Menggagas Ideologi Berkelanjutan (Harian Analisa, 2021); Memahami Gagasan dan Kepentingan (Harian Analisa, 2021); Komunitas Sastra: Merawat Api Toleransi di Kota Pematangsiantar (EMagz PMB BRIN Vol. 19 No. 14 Tahun 2021); dan Transportasi Publik, Jalan Keluar dari Pandemi? (Harian Analisa, 2021). Selain akademik, penulis juga memiliki karya sastra puisi, misalnya: Kota dan Telaga (Penulis Terpilih Antologi Puisi “Menenun Rinai Hujan”, Sebuku, 2019); Kepada Engkau (Nominator Terbaik Antologi Puisi “Kita Kota Kata”, Write The Future dan Sebuku, 2019); dan Berapa Banyak (Juara III Antologi Puisi “Lilin yang Tak Pernah Padam”, Write The Future, 2019). Editor saat ini aktif sebagai penyunting naskah buku pada Penerbit Media Sains Indonesia sejak awal tahun 2022.
Judul Buku
Buku ini disusun dari 13 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Tantangan Organisasi Era Disrupsi; Dampak Ekonomi Gig dan Bisnis Digital; Manajemen Perubahan Organisasi; Mengelola Keberagaman di Organisasi; Mengelola Kesejahteraan dan Keseimbangan Kehidupan Kerja; Mengelola Resiliensi Sumber Daya Manusia; Mengelola Keunggulan Berkelanjutan; Mengelola Budaya Organisasi Berkelanjutan; Manajemen Pengetahuan dan Inovasi Organisasi; Kepemimpinan Era VUCA; Strategi Organisasi UMKM; Strategi Organisasi Startup; Etika dan Tanggung Jawab Sosial Organisasi.
ISBN: 978-623-362-738-2
Tgl. Terbit: 3 November 2022
Organisasi bisnis maupun non-bisnis mengimplementasikan prinsip dan teori pemasaran dalam berbagai konteks, termasuk untuk institusi pendidikan, instansi pemerintah, selebritas, partai politik, termasuk sektor pariwisata. Pariwisata yang berkelanjutan perlu diupayakan melalui setiap aspek keilmuan termasuk dalam manajemen pemasaran. Merencanakan pariwisata yang berkelanjutan tentu memerlukan konsep pemasaran strategik yang berorientasi bukan hanya pada keuntungan dan kepentingan jangka pendek tetapi juga berkomitmen untuk berkontribusi menyelesaikan masalah-masalah lingkungan dan sosial. Buku ini disusun dari 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Konsep Pemasaran dan Orientasi Pasar Pariwisata; Elemen Kunci Kesuksesan Pemasaran Pariwisata; Perencanaan Pemasaran Pariwisata; Analisis Pasar dan Pengukuran Pasar Pariwisata; Segmentasi, Targeting, dan Positioning Pariwisata; Analisis Kinerja Pemasaran Pariwisata; Branding Strategy Pariwisata; Program Manajemen Produk Pariwisata; Program Penetapan Harga Pariwisata; Program Komunikasi Pemasaran Pariwisata; Program Penjualan dan Distribusi Pariwisata; dan Pemasaran Internasional dan E-Marketing Pariwisata.
ISBN: 978-623-362-819-8
Tgl. Terbit: 18 November 2022
Buku ini terdiri dari dua belas (12) bab yang ditulis oleh periset dan akademisi dari berbagai latar belakang agar dapat memberikan berbagai sudut pandang. Adapun isi buku ini mencakup: Memahami Prinsip dan Pengelolaan Penelitian; Menentukan Bidang Penelitian; Menentukan Topik Penelitian; Menentukan Masalah Utama pada Topik Penelitian; Menentukan Kesenjangan dan Fenomena Penelitian; Memahami Penulisan Ilmiah dan Publikasi Penelitian; Memahami Hibah dan Pendanaan Penelitian; Memahami Plagiarisme dan Etika Publikasi; Memahami Platform Digital dalam Mengelola Penelitian; Memahami Jurnal dan Indexing; Memahami Seminar dan Konferensi Akademik; dan Memahami Tren Penelitian Masa Depan dan Kontribusi bagi SDGs.
ISBN: 978-623-362-923-2
Tgl. Terbit: 20 December 2022
Penting bagi organisasi bisnis maupun non-bisnis dalam mengimplementasikan prinsip dan teori manajemen sumber daya manusia yang relevan pada abad 21. Keadaan abad 21 ini yang begitu bergejolak (volatile), tidak pasti (uncertain), rumit (complex), dan serba mendua (ambiguous) memerlukan konsep manajemen sumber daya manusia yang relevan dan kontekstual terhadap perkembangan zaman. Misalnya, bagaimana tantangan organisasi dalam menghadapi saat dimana dunia dihantam resesi dan perlambatan ekonomi. Oleh karena itu, menghadirkan buku ini yang terdiri dari topik-topik terkini tentang sumber daya manusia merupakan tantangan bagi setiap penulis agar tulisan yang dihadirkan mampu memberikan pengetahuan dan wawasan bagi pembacanya. Buku ini disusun dari 13 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: MSDM dan Keunggulan Bersaing di Era Digital; Praktik-Praktik MSDM di Era Virtual Working; Perencanaan SDM Yang Berkelanjutan; Analisis dan Desain Pekerjaan di Era Industri 4.0; Green Human Resource Management (GHRM); Penilaian Kinerja Sumber Daya Manusia Terkini; Isu-Isu Perekrutan di Era Digital; Peran Kepemimpinan ditengah Krisis; Manajemen Talenta Untuk Bisnis Berkelanjutan; Sikap dan Etos Kerja Mencapai Keunggulan; Kepuasan Kerja Bagi Pekerja Digital; Budaya Organisasi Yang Transformatif; dan SDM Berkualitas Untuk Pariwisata Berkelanjutan. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan dapat menjadi acuan untuk mendukung gagasan dan topik manajemen sumber daya manusia terkini agar organisasi dapat tumbuh dan berkelanjutan dalam era VUCA saat ini. Kami juga menyadari bahwa penyusunan buku ini membutuhkan saran dan masukan yang konstruktif demi penyempurnaan lebih lanjut.
ISBN: 978-623-362-975-1
Tgl. Terbit: 3 January 2023
Buku ini disusun dari 15 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Bisnis Kecil: Kewirausahaan atau Manajemen?; Manajemen SDM UMKM; Manajemen Keuangan UMKM; Manajemen Operasional UMKM; Manajemen Produksi UMKM; Manajemen Pemasaran UMKM; Manajemen Mutu UMKM; Kaizen Untuk UMKM; Komunikasi Bisnis Bagi UMKM; Lembaga Keuangan Bagi UMKM; Kemampuan Berinovasi UMKM; Kelembagaan Pemerintah UMKM; Kelembagaan Non-Pemerintah UMKM; Kelembagaan Pasar UMKM; dan Sosial Budaya UMKM. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan dapat menjadi acuan untuk mendukung gagasan dan topik manajemen terkini agar UMKM dapat tumbuh dan berkelanjutan dalam era VUCA saat ini. Kami juga menyadari bahwa penyusunan buku ini membutuhkan saran dan masukan yang konstruktif demi penyempurnaan lebih lanjut.
ISBN: 978-623-195-145-8
Tgl. Terbit: 14 March 2023
Buku ini disusun dari 13 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengantar SDM Kewirausahaan; Rekrutmen SDM Kewirausahaan; Seleksi SDM Kewirausahaan; Networking SDM Kewirausahaan; Mentoring SDM Kewirausahaan; Komunikasi SDM Kewirausahaan; Motivasi SDM Kewirausahaan; Berpikir Kreatif SDM Kewirausahaan; Pelatihan dan Pengembangan SDM Kewirausahaan; Pengambilan Keputusan SDM Kewirausahaan; Kepemimpinan SDM Kewirausahaan; Manajemen Talenta SDM Kewirausahaan; dan Transformasi SDM Kewirausahaan. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan dapat menjadi acuan untuk mendukung gagasan dan topik manajemen sumber daya manusia terkini agar organisasi kewirausahaan dapat tumbuh dan berkelanjutan dalam era VUCA saat ini. Kami juga menyadari bahwa penyusunan buku ini membutuhkan saran dan masukan yang konstruktif demi penyempurnaan lebih lanjut.
ISBN: 978-623-195-178-6
Tgl. Terbit: 31 March 2023
Buku ini disusun dari 13 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengantar Etika Bisnis, Prinsip-prinsip Etika Bisnis, Kegiatan Bisnis dan Lingkungannya, Etika Bisnis dan Perilaku Organisasi, Etika Bisnis Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, Etika Bisnis dalam Manajemen Produksi dan Operasi, Etika Bisnis dalam Manajemen Keuangan, Etika Bisnis dalam Manajemen Pemasaran, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Pancasila sebagai Landasan Etika Bisnis, Etika Bisnis di Era Teknologi Digital, Etika Bisnis Berwawasan Lingkungan, dan Etika Bisnis dalam Perspektif Kearifan Lokal. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan dapat menjadi acuan untuk mendukung gagasan dan topik etika bisnis terkini agar organisasi-organisasi bisnis dapat tumbuh dan berkelanjutan dalam era VUCA saat ini. Kami juga menyadari bahwa penyusunan buku ini membutuhkan saran dan masukan yang konstruktif demi penyempurnaan lebih lanjut.
ISBN: 978-623-195-275-2
Tgl. Terbit: 12 May 2023
Konsep green leadership merupakan kepemimpinan yang mengimplementasikan prinsip-prinsip keberlanjutan (sustainable). Sehingga organisasi-organisasi yang memiliki pemimpin-pemimpin yang menerapkan konsep green leadership diharapkan dapat menghadapi tantangan dan perubahan pada abad 21 yang berhadapan langsung dengan isu perubahan iklim, kerusakan lingkungan, dan semakin terbatasnya sumber daya alam. Oleh karena itu, menghadirkan konsep green leadership yang relevan dan kontekstual terhadap perkembangan organisasi dan zaman merupakan tantangan bagi setiap penulis agar tulisan yang dihadirkan mampu memberikan pengetahuan dan wawasan bagi pembacanya.
ISBN: 978-623-195-301-8
Tgl. Terbit: 24 May 2023
Buku ini disusun dari 13 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pendahuluan Marketing 5.0; Era Digital dan Perubahan Konsumen; Pemasaran Berbasis Nilai dan Etika; Membangun Pengalaman Pelanggan yang Memuaskan; Pemasaran Konten yang Relevan; Keterlibatan Sosial dan Pemasaran Influencer; Personalisasi dalam Pemasaran; Pemasaran Omnichannel; Pengambilan Keputusan Berbasis Data dalam Marketing 5.0; Pemasaran Berkelanjutan dan Tanggung Jawab Perusahaan; Tantangan dan Peluang dalam Pemasaran 5.0; Masa Depan Pemasaran: Arah Baru untuk Marketing 5.0; serta Roadmap Pasca Teknologi 5.0.
ISBN: 978-623-512-021-8
Tgl. Terbit: 10 June 2024
Keberlanjutan merupakan milik bangsa dengan kemampuan untuk mengelola semua sektor yang ada untuk tetap relevan dengan kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kebutuhan generasi mendatang. Ketidakmampuan suatu bangsa dalam memertahankan keberlanjutan (sustainability) setiap sektornya tidak hanya berdampak kepada bangsa itu sendiri, tetapi berdampak juga kepada lingkungan global. Adapun sistematika book chapter yang berjudul “Sumber Daya Manusia: Mencapai Keberlanjutan di Berbagai Sektor” ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan implikasi atau penerapan. Book chapter ini terdiri dari 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Sektor Pendidikan; Sektor Publik; Sektor Keuangan; Sektor Ekonomi Kreatif; Sektor UMKM; Sektor Pariwisata; Sektor Kesehatan; Sektor Pemerintahan; Sektor Transportasi; Sektor Pertanian; Sektor Perdagangan; dan Sektor Manufaktur.
ISBN: 978-623-362-490-9
Tgl. Terbit: 25 April 2022
Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan periset sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Book chapter ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan topik metodologi riset.
Kebutuhan akan metode riset atau penelitian yang mengikuti perkembangan zaman adalah kunci dalam menciptakan ekosistem riset dan inovasi yang berkeberlanjutan. Keterbaruan metode-metode riset baik itu metode kuantitatif, kualitatif, maupun campuran
(mix method) yang ada saat ini masih minim terdokumentasikan dalam bentuk buku. Banyak literatur terkait metode riset yang tersedia saat ini masih berkiblat pada cara dan metode riset tradisional atau konvensional. Karena untuk mengaplikasikan metode riset terkini memerlukan kemampuan dan pengetahuan secara menyeluruh dari awal perencanaan sampai publikasi hasil riset tersebut. Adapun sistematika book chapter yang berjudul “Metode Riset Berbasis Digital: Penelitian Pasca Pandemi” ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan implikasi. Book chapter ini terdiri dari 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengantar Riset Berbasis Digital; Filosofi dan Paradigma Riset Berbasis Digital; Strategi dan Desain Riset Berbasis Digital; Kekuatan dan Kelemahan Riset Berbasis Digital; Kajian Literatur Riset Berbasis Digital; Analisis dan Interpretasi Data Riset Berbasis Digital; Riset Kuantitatif Berbasis Digital; Riset Kualitatif Berbasis Digital; Riset Campuran Berbasis Digital; Menulis Ilmiah Berbasis Digital; Publikasi Riset Berbasis Digital; dan Arah Riset ke Depan di Era Digital.
ISBN: 978-623-362-608-8
Tgl. Terbit: 26 July 2022
Media Sains Indonesia
Alamat :
Melong Asih Regency B40 - Cijerah - Kota Bandung
Fast Respon : +6281294758638