Maisarah, M.Pd.
Editor memperoleh gelar sarjana pendidikan S1 PGSD di Universitas Negeri Medan pada tahun 2014. Karena keinginannya yang kuat untuk memperoleh pengetahuan, editor melanjutkan pendidikan magister di tahun dan kampus yang sama dan memperoleh gelar magister pendidikan pada tahun 2016. Kecintaan editor terhadap ilmu pengetahuan, keguruan, dan riset diaplikasikan melalui editoran berbagai karya ilmiah seperti buku ber-ISBN dan artikel jurnal terakreditasi.
Pengalaman editor di bidang pendidikan dan pengajaran cukup banyak. Editor pernah mengajar sebagai dosen tidak tetap di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara sejak tahun 2016, sebagai tutor tatap muka di UPBJJ Universitas Terbuka Medan sejak tahun 2019, dan sebagai dosen tetap PNS di Universitas Samudra sejak tahun 2022. Selain aktif sebagai pengajar, editor juga berperan sebagai journal manager, dan reviewer pada jurnal terakreditasi nasional, dan aktif sebagai konten kreator pada channel youtube pribadinya yang mengulas tentang pembelajaran dan trik menulis karya ilmiah.
Judul Buku
Buku ini merupakan buku nasional yang disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi di bidang Pendidikan Kewarganegaraan dan PGSD yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Penulis berkolaborasi untuk menghasilkan buku dengan tema “Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SD”. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya mengenai materi dan praktik pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di sekolah dasar. Buku ini terdiri dari 10 bab, yaitu: (1) hakekat pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan; (2) paradigma baru PPKn di SD; (3) keterkaitan PPKn dengan ilmu sosial lainnya; (4) nilai, norma, dan moral dalam PPKn di SD; (5) hak dan kewajiban; (6) penerapan sila Ketuhanan Yang Maha Esa melalui PPKn di SD; (7) konstitusi dan kaitannya dengan Pancasila; (8) bhinneka tunggal ika dan persatuan Indonesia; (9) demokrasi dan nilai gotong royong; dan (10) penilaian dalam PPKn di SD. Buku ini masih jauh dari kata sempurna dan kemungkinan pembaca akan menemukan beberapa kekurangan. Oleh karena itu, kami menerima masukan dan saran dari pembaca terkait penyempurnaan buku ini.
ISBN: 978-623-362-705-4
Tgl. Terbit: 26 September 2022
Buku ini merupakan buku nasional yang disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, maupun bidang Linguistik berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Penulis berkolaborasi untuk menghasilkan buku dengan tema “Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD”. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya mengenai materi dan praktik pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
Buku ini terdiri dari 11 bab, yaitu: (1) hakikat bahasa dan pembelajaran bahasa; (2) hakikat sastra dan karya sastra; (3) materi bahasa Indonesia di sekolah dasar; (4) keterampilan dalam berbahasa; (5) kegiatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (6) media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (7) penilaian pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (8) pelafalan dan penulisan lambang bilangan yang benar; (9) penggunaan tata bahasa yang benar; (10) materi cerita dan drama untuk anak-anak; dan (11) materi puisi untuk anak-anak.
ISBN: 978-623-362-775-7
Tgl. Terbit: 7 November 2022
Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya mengenai penerapan dan pelaksanaan kurikulum.
Buku ini terbagi menjadi dua pembahasan umum, yaitu: kurikulum secara makro dan kurikulum secara mikro. Materi pada kurikulum secara makro terdiri dari enam bab pembahasan, yakni: (1) hakikat kurikulum; (2) landasan pengembangan kurikulum; (3) prosedur pengembangan kurikulum; (4) kurikulum sekolah dasar sebelum KBK; (5) KTSP tingkat sekolah dasar; serta (6) Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka tingkat sekolah dasar. Materi pada kurikulum secara mikro terdiri dari lima bab pembahasan, yakni: (1) program pembelajaran; (2) rencana pembelajaran; (3) penyusunan alat evaluasi; (4) pemilihan media, bahan dan sumber belajar; serta (5) pemilihan metode dan perancangan kegiatan pembelajaran. Buku ini masih jauh dari kata sempurna dan kemungkinan pembaca akan menemukan beberapa kekurangan. Oleh karena itu, kami menerima masukan dan saran dari pembaca terkait penyempurnaan buku ini.
ISBN: 978-623-362-935-5
Tgl. Terbit: 22 December 2022
Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya mengenai teori dan praktik pembelajaran IPA untuk tingkat sekolah dasar.
Buku ini terdiri dari 14 bab, yaitu: (1) hakekat Ilmu Pengetahuan Alam; (2) materi IPA sekolah dasar sesuai KTSP dan K13; (3) pengajaran dan pembelajaran IPA di SD; (4) struktur tubuh makhluk hidup; (5) makhluk hidup dan lingkungannya; (6) pertumbuhan, perkembangan, dan perkembangbiakan makhluk hidup; (7) makanan dan kesehatan makhluk hidup; (8) materi mekanika di SD; (9) materi pengukuran di SD; (10) materi kalor di SD; (11) materi gelombang di SD; (12) materi optika di SD; (13) materi listrik dan magnet di SD; (14) materi bumi dan tata surya di SD.
ISBN: 978-623-362-399-5
Tgl. Terbit: 23 February 2022
Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya mengenai teori dan praktik pembelajaran Matematika untuk tingkat sekolah dasar.
Buku ini terdiri dari 14 bab, yaitu: (1) hakekat Matematika; (2) pengajaran dan pembelajaran Matematika; (3) pengukuran dan satuan baku; (4) bilangan cacah; (5) bilangan bulat; (6) sistem bilangan romawi; (7) bilangan pecahan dan desimal; (8) bilangan prima, KPK dan FPB; (9) skala, perbandingan dan persen; (10) unsur-unsur ruang; (11) bangun ruang; (12) sistem koordinat dan trigonometri di SD; (13) bilangan berpangkat dan logaritma; (14) statistika di SD.
ISBN: 978-623-362-398-8
Tgl. Terbit: 23 February 2022
Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya mengenai teori dan praktik pembelajaran IPS sekolah dasar. Target pembaca pada buku ini adalah guru SD, calon guru SD, mahasiswa PDSD, orang tua siswa, maupun para pemerhati pendidikan yang tertarik pada keilmuan IPS SD.
Buku ini terdiri dari 14 bab, yaitu: (1) hakekat Ilmu Pengetahuan Sosial; (2) perkembangan kurikulum pendidikan IPS di SD; (3) strategi pendidikan IPS di SD; (4) manusia sebagai makhluk individu dan sosial dalam pendidikan IPS SD; (5) manusia sebagai makhluk religius dan beretika dalam pendidikan IPS SD; (6) interaksi manusia dengan lingkungan dalam pendidikan IPS SD; (7) konsep budaya dalam pendidikan IPS SD; (8) isu-isu sosial budaya dalam pendidikan IPS SD; (9) kegiatan ekonomi dan kesejahteraan dalam pendidikan IPS SD; (10) kerajaan-kerajaan di Indonesia dalam pendidikan IPS SD; (11) penjajahan dan kemerdekaan bangsa Indonesia dalam pendidikan IPS SD; (12) karakteristik geografis Indonesia; (13) Asia Tenggara (ASEAN); (14) keterkaitan teknologi, modernisasi dan pendidikan IPS SD. Buku ini disusun berdasarkan pemahaman dan pengalaman setiap penulis sesuai bidangnya, sehingga kemungkinan akan ditemukan beberapa kekurangan. Oleh karena itu, kami menerima masukan dan saran dari pembaca terkait penyempurnaan buku ini.
ISBN: 978-623-362-419-0
Tgl. Terbit: 25 February 2022
Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang pendidikan, khususnya untuk memanfaatkan dan mengembangkan media yang mendukung proses pembelajaran. Target pembaca pada buku ini yaitu para pendidik dari berbagai jenjang pendidikan, mahasiswa, orang tua, maupun para pemerhati pendidikan yang tertarik pada pengembangan media pembelajaran.
Buku ini terdiri dari 12 bab, yaitu: (1) pembelajaran sebagai suatu sistem; (2) peran dan kompetensi guru dalam pembelajaran; (3) konsep media pembelajaran;
(4) penggunaan media realia dalam pembelajaran;
(5) penggunaan media visual dalam pembelajaran;
(6) penggunaan media audio dalam pembelajaran;
(7) penggunaan media audio visual dalam pembelajaran;
(8) manfaat komputer dalam kehidupan manusia;
(9) manfaat teknologi informasi dalam kehidupan manusia;
(10) penggunaan multimedia dalam pembelajaran; (11) model pengembangan media pembelajaran; dan (12) pengembangan media sebagai wujud inovasi pembelajaran. Buku ini disusun berdasarkan pemahaman dan pengalaman setiap penulis sesuai bidangnya, sehingga kemungkinan akan ditemukan beberapa kekurangan. Oleh karena itu, kami menerima masukan dan saran dari pembaca terkait penyempurnaan buku ini.
ISBN: 978-623-362-643-9
Tgl. Terbit: 3 August 2022
Media Sains Indonesia
Alamat :
Melong Asih Regency B40 - Cijerah - Kota Bandung
Fast Respon : +6281294758638