Dr. Hartini, S.E., M.M.
Editor berasal dari Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Menyelesaikan pendidikan Strata Satu (S-1) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE-YPUP) Makassar tahun 2005. Selanjutnya, melanjutkan pendidikan Strata Dua (S-2) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE-YPUP) Makassar tahun 2010 program studi magister manajemen. Kemudian melanjutkan pendidikan (S-3) pada Universitas Hasanuddin (UNHAS) program studi ilmu ekonomi, jurusan manajemen dan menyelesaikan pendidikan pada tahun 2018. Saat ini, bekerja sebagai dosen tetap pada STKIP Pembangunan Indonesia Makassar. Pada tahun 2013, menjabat sebagai ketua Program Studi, kemudian diberi amanah untuk menjabat Ketua LPM. Memiliki kepakaran dalam bidang manajemen dan mulai aktif menulis berbagai buku, beberapa buku yang berhasil diterbitkan antara lain: Buku referensi dengan judul (Person Organization Fit (P-O Fit), Quality of Work Life, dan Keadilan Organisasi; MSDM (Digitalisasi Human Resources)). Buku kolaborasi (Pengantar Manajemen untuk Organisasi Publik; Pengantar Bisnis; Perilaku Organisasi; Kinerja Karyawan; Setahun Covid-19 dari Berbagai Perspektif; BUM Desa sebagai Kekuatan Ekonomi Baru Kisah Inspirasi S-3). Beberapa tulisan yang telah dihasilkan dalam bentuk jurnal nasional yang terakreditasi dan jurnal internasional pada bidang keilmuan khususnya manajemen. Beberapa artikel yang diterbitkan pada beberapa jurnal nasional dan internasional, seperti jurnal internasional terindeks scopus (Journal of Asian Finance, Economics and Business). Selain menulis, editor juga aktif sebagai Tutor Online (Tuton) pada Universitas Terbuka, juga dipercaya sebagai reviewer dan editor pada beberapa jurnal nasional dan internasional.
Judul Buku
Penulisan buku ini merupakan ide dari para praktisi dan dosen yang dituangkan dalam bentuk book chapter. Buku ini ditulis dalam upaya memberikan konstribusi dalam menambah wawasan yang berkaitan dengan dunia bisnis bagi para pembaca. Perkembangan bisnis yang semakin maju, ditandai dengan banyaknya perusahaan menjalankan usahanya untuk memperoleh keuntungan. Persaingan yang semakin sengit, menuntut perusahaan untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi untuk dapat bertahan menghadapi era yang serba digital. Buku yang berjudul Pengantar Bisnis (Perspektif Digitalisasi Bisnis) membahas mengenai perkembangan dunia bisnis dalam digitalisasi yang diuraikan ke dalam sebelas bab.
ISBN: 978-623-362-206-6
Tgl. Terbit: 26 November 2021
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai perilaku organisasi dalam ilmu manajemen, baik konsep, teori maupun penerapannya dalam kehidupan organisasi. Buku ini diharapkan dapat memberi tambahan ilmu dan pengetahuan kepada pembaca khususnya yang berkaitan dengan konsep perilaku organisasi. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas tiga belas bab, dan diberi judul Perilaku Organisasi (Dari Konsep, Teori Menuju Aplikasi).
ISBN: 978-623-362-690-3
Tgl. Terbit: 13 September 2022
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran dalam perspektif perilaku konsumen. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bacaan khususnya terkait dengan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas sembilan belas bab, dengan judul Manajemen Pemasaran (Perspektif Perilaku Konsumen).
ISBN: 978-623-362-706-1
Tgl. Terbit: 26 September 2022
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen, baik konsep maupun teori, dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini hadir untuk memberi tambahan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca khususnya terkait dengan manajemen. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk buku kolaborasi ini terdiri atas dua puluh bab, dan diberi judul Pengantar Manajemen (Konsep dan Tinjauan Teoretis).
ISBN: 978-623-362-806-8
Tgl. Terbit: 18 November 2022
Buku ini menyajikan materi kewirausahaan, baik dari segi sejarahnya, peluang, dan tantangan dunia usaha. Diharapkan kehadiran buku ini dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan mengenai pengetahuan kewirausahaan kepada para pembaca. Buku ini merupakan hasil pemikiran dari para praktisi dan akademisi yang dituangkan dalam buku kolaborasi dengan sistematika penulisan terdiri atas sembilan belas bab, dan diberi judul Kewirausahaan (Sejarah, Peluang, dan Tantangan). Setiap bab berisi pembahasan mulai dari sejarah dan ruang lingkup kewirausahaan, prinsip dan perilaku wirausaha, faktor penyebab kegagalan suatu usaha, sikap dan kepribadian wirausahawan, peran kewirausahaan bagi pertumbuhan ekonomi, fungsi perencanaan bisnis dan komponen bisnis, karakteristik dan pendekatan wirausaha, studi kelayakan bisnis, peluang dan tantangan berwirausaha era digital, pengembangan keterampilan dan jiwa kewirausahaan, peran wirausaha dalam pengembangan UMKM, kreativitas dan inovasi dalam kewirausahaan, etika bisnis dalam wirausaha, peranan MSDM dalam perusahaan, kepemimpinan dalam kewirausahaan, bentuk-bentuk badan usaha, menumbuhkan motivasi dan minat berwirausaha, kompetensi inti dan strategi bersaing dalam kewirausahaan, serta evaluasi peluang usaha baru.
ISBN: 978-623-362-855-6
Tgl. Terbit: 2 December 2022
Buku ini merupakan hasil pemikiran dari para praktisi dan akademisi yang dituangkan dalam buku kolaborasi dengan sistematika penulisan terdiri atas sembilan belas bab, dan diberi judul Manejemen Pemasaran (Konsep, Fungsi, dan Tujuan) dengan subbab: memahami konsep manajemen pemasaran, fungsi dan tujuan manajemen pemasaran, perencanaan kegiatan pemasaran, konsep inti pemasaran, perkembangan pemasaran berorientasi pelanggan, peran dan tugas manajemen pemasaran dalam bisnis, digital marketing dan sosial media marketing, strategi pemasaran yang efektif, membangun loyalitas pelanggan, menciptakan nilai dan kepuasan pelanggan, marketing mix, segmentasi – targeting – positioning, pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian, teori kesadaran merek, membangun brand image dan brand loyalty, strategi komunikasi pemasaran yang efektif, penetapan harga produk, siklus hidup produk dan strateginya, dan kreativitas dan inovasi produk.
ISBN: 978-623-362-862-4
Tgl. Terbit: 5 December 2022
Buku ini menyajikan pembahasan mengenai dasar-dasar dalam ilmu akuntansi. Diharapkan buku ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya yang berkaitan dengan seluk-beluk akuntansi.
Buku ini merupakan hasil pemikiran dari para praktisi dan akademisi yang dituangkan dalam buku kolaborasi dengan sistematika penulisan terdiri atas delapan belas bab, dan diberi judul Dasar-Dasar Akuntansi (Suatu Pengantar). Adapun judul bab yakni, ruang lingkup akuntansi, persamaan akuntansi, gambaran umum perusahaan dagang, perusahaan dan pasar keuangan, sistem akuntansi dan pengembangannya, bukti transaksi dan jurnal umum, siklus akuntansi, buku besar, neraca saldo, dan jurnal koreksi, proses pencatatan dan penyesuaian akun, konsep hutang dan ekuitas, piutang, persediaan, surat berharga, buku besar dan neraca lajur, pengendalian internal dan kas, laporan keuangan, jurnal penutup dan jurnal balik, akuntansi manajemen, sistem akuntansi perusahaan pemanufakturan, dan sistem informasi akuntansi.
ISBN: 978-623-362-889-1
Tgl. Terbit: 12 December 2022
Sistematika penyusunan buku ini yang berjudul MSDM (Konsep dan Tantangan Pengelolaan SDM) terdiri delapan belas bab membahas materi mengenai konsep maupun teori dalam MSDM. Setiap bab berisi pembahasan lengkap mulai dari konsep dasar MSDM, perkembangan teori organisasi dan manajemen, kerangka kerja MSDM, peranan dan fungsi utama MSDM dalam organisasi, pengembangan dan pemberdayaan SDM, kesehatan dan keselamatan kerja, analisis dan desain jabatan, rekrutmen dan seleksi karyawan, strategi human capital management dalam peningkatan kinerja karyawan, manajemen karir, manajemen kinerja dan poduktivitas kerja, tantangan pengelolaan SDM masa kini dan masa depan, membangun loyalitas karyawan, sistem kompensasi yang efektif, teori kepemimpinan dan pengambilan keputusan, penilaian kinerja dan kriterianya, kepuasan kerja karyawan, teori motivasi, serta komunikasi yang efektif dalam mengatasi konflik.
ISBN: 978-623-362-894-5
Tgl. Terbit: 13 December 2022
Buku ini disusun untuk menambah buku-buku akuntansi yang telah ada, diharapkan buku ini dapat menjadi bahan referensi bagi para pembaca. Ide dari penulisan buku ini berasal dari praktisi dan dosen dari berbagai penjuru di tanah air, dan dituangkan dalam bentuk book chapter.
Buku ini diberi judul Pengantar Akuntansi (Suatu Tinjauan Siklus Akuntansi) menyajikan materi mengenai dasar-dasar akuntansi yang tersaji dalam konsep, teori maupun contoh kasus, dan tersusun atas dua belas bab.
ISBN: 978-623-362-342-1
Tgl. Terbit: 31 January 2022
Buku ini merupakan buku kolaborasi, hasil pemikiran dari para praktisi dan akademisi dari berbagai wilayah. Kehadiran buku ini diharapkan dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi para pembaca khususnya pemahaman mengenai sistem informasi manajemen.
Sistematika penyusunan buku ini yang berjudul Sistem Informasi Manajemen (Perspektif Bisnis dan Organisasi) terdiri dua puluh bab. Setiap bab berisi pembahasan lengkap mulai dari konsep dasar sistem informasi manajemen, karakteristik masyarakat informasi, komponen-komponen sistem informasi manajemen, sistem informasi penjualan dan pemasaran, sistem informasi sumber daya manusia, sistem informasi keuangan dan akuntansi, struktur organisasi ditinjau dari segi informasi, kepemimpinan dalam sistem informasi, pentingnya SIM dalam kegiatan manajemen, jenis - jenis perangkat lunak dan perangkat keras, manajemen database, fakta-data dan informasi, pentingnya SIM dalam bisnis & organisasi, prospek teknologi informasi masa depan, pengambilan keputusan berbasis sistem informasi, penggunaan sistem informasi dalam menunjang strategi perusahaan, pengembangan dan penerapan SIM, sistem pemrosesan transaksi data, siklus dan metode pengembangan sistem, serta penyebab kegagalan pengembangan sistem
ISBN: 978-623-362-946-1
Tgl. Terbit: 23 December 2022
Buku ini menyajikan pembahasan mengenai dasar-dasar dalam ilmu akuntansi. Diharapkan buku ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya yang berkaitan dengan seluk-beluk akuntansi. Buku ini merupakan ide dari para praktisi dan akademisi yang dituangkan dalam buku kolaborasi yang diberi judul Ekonomi Sumber Daya Manusia (Teori dan Konsep). Adapun pembahasan dari tujuh belas bab ini, dimulai dari konsep dasar ekonomi sumber daya manusia, teori-teori ekonomi SDM, peran dan fungsi SDM dalam ekonomi, pengembangan SDM dalam pembangunan ekonomi, kapasitas sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi, peningkatan produktivitas kerja SDM, dinamika kependudukan, hubungan penduduk dengan angkatan kerja, struktur ketenagakerjaan Indonesia, permintaan tenaga kerja, penawaran tenaga kerja, diskriminasi pasar tenaga kerja, mobilitas tenaga kerja dan migrasi, struktur upah, pengangguran, perkembangan sektor formal dan informal di Indonesia, serta human capital management.
ISBN: 978-623-362-948-5
Tgl. Terbit: 23 December 2022
Sistematika penyusunan buku ini terdiri atas dua puluh satu bab dengan judul Manajemen Keuangan (Teori dan Aplikasi). Setiap bab membahas secara rinci materi yang terdiri dari konsep dasar manajemen keuangan; pendekatan dan perkembangan manajemen keuangan; pasar keuangan dan perusahaan; agency theory; nilai waktu dari uang, penilaian sekuritas; penerapan akuntansi untuk pengambilan keputusan; rasio likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas; analisis sumber dan penggunaan dana; tingkat suku bunga; saham dan obligasi; manajemen kas; manajemen piutang; manajemen persediaan barang; aktiva lancar dan struktur hutang; investasi modal; risiko dalam investasi; pendanaan perusahaan dan efisiensi pasar modal; kebijakan dividen; analisa break even point; serta merger dan akuisisi.
ISBN: 978-623-362-967-6
Tgl. Terbit: 2 January 2023
Buku ini merupakan buah pemikiran dari para praktisi dan akademisi yang dituangkan dalam buku kolaborasi, dan diberi judul Dasar-Dasar Manajemen (Konsep, Prinsip, dan Teori). Sistematikan penyusunana buku ini, terdiri dari sembilan belas bab dengan pembahasan dimulai dari ruang lingkup manajemen, sejarah perkembangan manajemen, prinsip dan sistem manajemen, fungsi-fungsi manajemen, jenjang manajemen dan peran manajer, lingkungan organisasi, teori organisasi, desain organisasi dan struktur organisasi, sistem komunikasi dalam organisasi, Corporate Social Responsibility (CSR), norma dan etika organisasi, job analysis dan job specification, mengelola konflik dan negosiasi, kepemimpinan dan wewenang, teori pengambilan keputusan, sistem pengendalian manajemen, komitmen organisasi dan karakteristiknya, efektivitas kerja, dan teori motivasi dan kepuasan kerja.
ISBN: 978-623-362-968-3
Tgl. Terbit: 3 January 2023
Sistematikan penyusunan buku ini terdiri dari sembilan belas bab yang diberi judul Etika Bisnis (Etika dan Penerapannya). Masing-masing bab membahas secara lengkap mulai dari konsep dasar etika bisnis; hakikat etika, moral, dan norma; pendekatan etika bisnis dalam pengambilan keputusan; pentingnya moralitas dan etika dalam bisnis; lingkungan bisnis dan etika; prinsip etika bisnis dan penerapannya; etika dalam lingkungan perusahaan; tanggung jawab sosial perusahaan; tata kelola perusahaan dan risiko; kode etik dalam bisnis; posisi etika bisnis dalam sistem ekonomi; etika produksi dan pemasaran; etika berbisnis dan budaya perusahaan; peluang dan tantangan bisnis pada era digital; penerapan etika bisnis dalam transaksi e-commerce; tindakan fraud sebagai pelanggaran etika bisnis; etika, hukum dan perlakuan yang adil dalam pengelolaan SDM; intervensi pemerintah dalam ekonomi dan bisnis; dan etika profesi dan kewirausahaan.
ISBN: 978-623-362-978-2
Tgl. Terbit: 6 January 2023
Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya manajemen bisnis, baik dari segi konsep, teori, maupun penyelesaian kasus-kasus. Sistematika penyusunan buku ini terdiri dari tiga belas bab yang diberi judul Manajemen Bisnis (Konsep, Teori, dan Kasus). Setiap bab berisi pembahasan yang terdiri dari: Konsep Dasar Ilmu Manajemen dan Bisnis, Penerapan Fungsi Manajemen dalam Bisnis, Manajamen Sumber Daya Manusia, Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi, Teori Motivasi dan Kepuasan Kerja, Sistem Kompensasi Yang Efektif, Sistem Informasi Sumber Daya Manusia, Kinerja Individu dan Kinerja Tim, Konsep Pemasaran dan Proses Manajemen Pemasaran, Menciptakan Nilai dan Kepuasan Pelanggan, Manajemen Piutang dan Manajemen Persediaan, Laporan Keuangan, dan Manajemen Keuangan.
ISBN: 978-623-195-010-9
Tgl. Terbit: 10 January 2023
Buku ini terdiri dari sembilan belas bab yang diberi judul Manajemen Keuangan (Teori, Konsep, dan Kebijakan). Setiap bab membahas secara lengkap mulai dari Konsep Dasar Manajemen Keuangan; Strategi dan Pendekatan Manajemen Keuangan; Nilai Waktu dari Uang; Institusi Keuangan Beserta Fungsinya; Kebijakan Dividen; Analisis Likuiditas, Solvabilitas, dan Rentabilitas; Akuntansi untuk Pengambilan Keputusan;Investasi dan Pendanaan pada Arus Kas; Suku Bunga; Saham dan Obligasi; Manajemen dan Modal Kerja; Manajemen Kas; Efektivitas Manajemen Piutang; Manajemen Persediaan Barang; Aktiva (Aset) Lancar ; Merger dan Akusisi; Risiko dan Tingkat Pengembalian; Keputusan Keuangan dan Efisiensi Pasar Modal; serta Break Even Point Analysis (Cost Profit Volume Analysis).
ISBN: 978-623-195-011-6
Tgl. Terbit: 10 January 2023
Penulisan buku ini bertujuan untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan terutama terkait dengan perilaku organisasi.
Kehadiran buku ini akan memberikan pemahaman kepada pembaca secara lengkap mengenai konsep maupun teori yang berkaitan dengan perilaku organisasi yang tersaji dalam lima belas bab. Kami sadar sepenuhnya bahwa penulisan buku ini merupakan hasil kerja sama dari berbagai pihak yang terlibat dalam seluruh rangkaian proses penyelesaian buku dalam bentuk book chapter ini. Oleh karena itu, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi. Secara khusus, terima kasih kepada Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini.
ISBN: 978-623-362-346-9
Tgl. Terbit: 7 February 2022
Buku ini tersusun atas dua puluh bab yang diberi judul Manajemen Pemasaran (Konsep dan Strategi Era Digitalisasi). Tiap-tiap bab dibahas secara lengkap konsep, yaitu: dasar manajemen pemasaran; perencanaan dan fungsi kegiatan pemasaran; konsep inti pemasaran; strategi pemasaran berorientasi pelanggan; strategi pemasaran era digital; lingkungan bisnis; digitalisasi marketing era industri 4.0; perkembangan e-commerce dalam digitalisasi pemasaran; konsep brand equity; brand loyalty dan customer loyalty; pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian; bauran pemasaran dan penerapannya dalam bisnis; strategi segmentation, targeting, dan positioning; membangun loyalitas pelanggan melalui kualitas pelayanan; menciptakan nilai dan kepuasan peanggan; komunikasi pemasaran digital; siklus hidup produk dan karakteristiknya; strategi peningkatan kualitas produk; desain dan inovasi produk; dan penentuan harga produk.
ISBN: 978-623-195-045-1
Tgl. Terbit: 26 January 2023
Sistemaika penyusunan buku ini tersusun atas lima belas bab yang diberi judul Pengantar Akuntansi Manajemen (Pendekatan Konsep dan Analisis). Setiap bab dibahas secara terperinci dengan subbab: Memahami Konsep Akuntansi Manajemen; Perbedaan Akuntansi Manajemen dengan Akuntansi Keuangan; Akuntansi Manajerial dalam Organisasi Bisnis; Klasifikasi dan Terminologi Biaya; Perilaku Biaya dan Penerapannya; Sistem Manajemen Biaya; Analisis Biaya, Volume, dan Laba; Biaya Relevan dan Contoh Analisis; Biaya Pesanan dan Biaya Proses; Biaya Berdasarkan Aktivitas (Activity-Based Costing); Metode Harga Pokok Produksi; Penyusunan Anggaran; Standard Costing dan Actual Costing; Penganggaran Modal (Capital Budgeting); dan Pusat Investasi.
ISBN: 978-623-195-064-2
Tgl. Terbit: 6 February 2023
Buku kolaborasi ini merupakan ide dan pemikiran dari para praktisi dan akademisi dan dituangkan dalam bentuk book chapter.
Buku ini diberi judul Perilaku Konsumen (Teori dan Implementasi) yang membahas mengenai teori dan aspek-aspek penting yang terkait perilaku konsumen, dan diuraikan ke dalam sebelas bab. Walaupun buku ini masih belum sempurna, san masih terdapat banyak kekurangan. Namun, penulis berusaha memperbaikinya. Dengan segala kerendahan hati, kami mengharapkan saran dan kritikan dari para pembaca untuk menyempurnakan karya-karya selanjutnya.
ISBN: 978-623-362-357-5
Tgl. Terbit: 10 February 2022
Buku ini membahas mengenai bisnis dalam perspektif e-commerce yang tersusun atas tujuh belas bab dengan judul Pengantar Bisnis (Perspektif E-Commerce). Adapun rincian subjudul terebut, yaitu: memahami konsep bisnis; lingkungan bisnis dalam ekonomi; bentuk-bentuk organisasi bisnis; pengembangan produk baru; menentukan lokasi usaha yang strategis; pengelolaan dan pengorganisasian bisnis; strategi pengembangan bisnis masa depan; persaingan bisnis dalam industri 4.0; mendirikan startup bisnis era internet of thing; pengelolaan keuangan bisnis; tanggung jawab sosial perusahaan; studi kelayakan bisnis; fungsi manajemen pemasaran dalam perusahaan; peran e-commerce dalam pengembangan bisnis; peran msdm dalam dunia bisnis; tantangan bisnis pada era digital; dan perbedaan e-commerce dan e-bisnis.
ISBN: 978-623-195-088-8
Tgl. Terbit: 13 February 2023
Sistematika penyusunan buku ini terdiri dari dua puluh satu bab dan diberi judul MSDM (SDM Era Digital), dengan pembahasan tiap bab, yaitu: Sejarah Perkembangan MSDM; Perencanaan SDM pada Era Digital; Fungsi MSDM dalam Perusahaan; Strategi Peningkatan Kualitas SDM yang Berdaya Saing; Teori Organisasi dan Kepemimpinan; Dinamika Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi; Tantangan dan Strategi Pengelolaan SDM Era Digital; Peramalan (Forecasting) Kebutuhan Sumber Daya Manusia; Peran Strategis Manajer dalam Pengelolaan SDM; Rekrutmen dan Seleksi Karyawan; Job Analysis, Job Description, dan Job Spesification; Transformasi Peran dan Fungsi SDM dalam Dunia Modern; Manajemen Karir; Kepuasan Kerja dan Indikatornya; Teori Motivasi; Kinerja Karyawan; Sistem Kompensasi; Budaya Organisasi; Komitmen Organisasional; Organizational Citizenship Behaviour (OCB); dan Orientasi Pengembangan SDM dalam Revolusi Industri 4.0;
ISBN: 978-623-195-095-6
Tgl. Terbit: 14 February 2023
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai seluk-beluk ekonomi mikro. Dalam ekonomi, berbagai aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat berkaitan dengan proses pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang menjadi tujuan utama dari aktivitas ekonomi. Pentingnya pembahasan mengenai ekonomi mikro, maka diharapkan buku ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang ingin mendalami ilmu ekonomi mikro secara lebih luas.
Buku ini tersusun atas dua puluh dua bab yang diberi judul Ekonomi Mikro (Suatu Pendekatan Teoretis). Setiap bab dibahas secara terperinci dengan subbab: Sejarah Perkembangan Ilmu Ekonomi; Masalah Pokok Ekonomi Berdasarkan Teori Klasik dan Modern; Sistem Perekonomian; Siklus Ekonomi; Teori Penawaran dan Permintaan; Elastisitas Permintaan; Elastisitas Penawaran; Equilibrium Pasar; Pasar Faktor Produksi; Teori Perilaku Konsumen; Teori Perilaku Produsen; Biaya Produksi dan Penerimaan; Teori Penentuan Harga dan Keuntungan; Inflasi dan Pengangguran; Teori Investasi; Pasar Persaingan Sempurna; Pasar Monopoli; Pasar Oligopoli; Pasar Monopolistik; Analisis Kesejahteraan; Keseimbangan Umum dan Efisiensi Ekonomi; serta Profit Theory dan Revenue Theory.
ISBN: 978-623-195-062-8
Tgl. Terbit: 21 February 2023
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai konsep dan teori, masalah dan kebijakan dalam ekonomi makro. Makroekonomi banyak membahas kinerja perekonomian secara luas termasuk inflasi, pengangguran, serta pertumbuhan ekonomi.
Sistematika penyusunan buku ini, terdiri atas dua puluh bab yang diberi judul Pengantar Ekonomi Makro (Teori dan Kebijakan). Setiap bab dibahas secara terperinci dengan subbab: Ruang Lingkup Ekonomi Makro; Model Kegiatan Ekonomi dalam Masyarakat; Permasalahan dalam Ekonomi Makro; Analisa Makroekonomi dan Mikroekonomi; Perhitungan Pendapatan Nasional; Keseimbangan Pendapatan Nasional; Teori Konsumsi dan Tabungan; Teori Investasi; Inflasi dan Deflasi; Teori Siklus Bisnis; Pengangguran dan Cara Mengatasinya; Peranan Uang dalam Sistem Bank; Keseimbangan Pasar Uang; Keseimbangan Pasar Barang; Permintaan dan Penawaran Agregat; Kebijakan Moneter dan Fiskal dalam Permintaan Agregat; Neraca pembayaran Internasional; Pertumbuhan Ekonomi; Teori dan Kebijakan Perdagangan Internasional; dan Solusi Ekonomi Masa Depan.
ISBN: 978-623-195-118-2
Tgl. Terbit: 27 February 2023
Sistematika penyusunan buku ini terdiri dari dua puluh dua bab. Setiap bab diuraikan dengan rinci dengan judul Pengantar Manajemen (Optimalisasi Kinerja Organisasi). Ada pun rincian subbab, mulai dari Sejarah Perkembangan Manajemen; Fungsi dan Prinsip Manajemen; Teori Organisasi; Keterampilan Manajer dan Perannya; Jenjang dan Bidang Manajemen; Hubungan Lingkungan dan Organisasi; Peran MSDM dalam Pengelolaan Organisasi; Pendekatan dalam Pengambilan Keputusan; Perilaku Manusia dalam Organisasi; Budaya Perusahaan dan Karakteristiknya; Teori Komunikasi; Mengelola Perubahan dalam Organisasi; Gaya Kepemimpinan; Teori Motivasi; Strategi Manajemen Konflik dalam Perusahaan; Teori Dasar Pengambilan Keputusan; Efektivitas Kerja dan Komitmen Organisasional; Struktur dan Desain Organisasi; Asas Pengendalian dan Tujuannya; Optimalisasi Kinerja Organisasi Melalui Keterlibatan Karyawan; Management by Obyektives (MBO) dan Penerapannya; dan Rekrutmen dan Seleksi Karyawan.
ISBN: 978-623-195-121-2
Tgl. Terbit: 2 March 2023
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran. Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin maju, mengantarkan kita pada era yang serba digital, di mana semua kegiatan manusia dapat dengan mudah dilakukan dengan dukungan teknologi. Kehadiran Internet of Things (IoT) sangat penting dalam kegiatan pemasaran yang dapat terhubung ke pelanggan melalui koneksi internet, sehingga dapat meningkatkan kualitas produk dan layanan yang berdampak pada kepuasan pelanggan.
Buku ini tersusun atas dua puluh dua bab dengan judul Manajemen Pemasaran (Perspektif Internet of Things). Setiap bab dibahas secara terperinci dengan subbab: Memahami Konsep Manajemen Pemasaran; Konsep Inti Pemasaran dan Penerapannya; Lingkungan Pemasaran; Perencanaan Strategi Berorientasi Pasar; Implementasi Internet of Things (IoT) dalam Pemasaran; Strategi Siklus Hidup Produk yang Tepat; Inovasi Produk dalam Pengembangan Produk Baru; Desain Produk dan Fungsinya; Proses Pengambilan Keputusan Konsumen; Strategi Bauran Pemasaran; Teori Perilaku Konsumen; Segmenting, Targeting, Positioning dan Karakeristiknya; Menciptakan Nilai, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan; Strategi Pemasaran dalam Persaingan Bisnis; Konsep dan Strategi Komunikasi Pemasaran; Internet of Things (IoT) dalam Utilitas Pasar; Brand Awareness, Brand Equity, dan Brand Loyalty; Implementasi Internet of Things (IoT) dalam E-Commerce; Strategi Penetapan Harga; Peran Internet of Things (IoT) dalam Digitalisasi Bisnis; Sistem Informasi Pemasaran; dan Dampak Internet of Things (IoT) dalam Industri Global.
ISBN: 978-623-195-122-9
Tgl. Terbit: 2 March 2023
Sistematika penyusunan buku ini, tersusun atas dua puluh satu bab dengan judul Kewirausahaan (Era Society 5.0). Setiap bab dibahas secara terperinci dengan subbab: Konsep Inti Kewirausahaan; Kualitas dan Karakteristik Wirausahawan Sukses; Prinsip dan Tujuan Kewirausahaan; Proses, Fungsi, dan Peran Kewirausahaan dalam Perekonomian; Elemen Perencanaan Bisnis bagi Perusahaan; Etika Bisnis dan Penerapannya dalam Perusahaan; Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha; Faktor Penyebab Kegagalan dalam Berwirausaha; Sikap dan Perilaku Wirausahawan; Digitalisasi Entrepreneurship Menghadapi Revolusi Industri 4.0; Implementasi Internet of Things dalam Dunia Usaha; Mengelola Risiko Bisnis; Motivasi dan Minat Generasi Milenial untuk Berwirausaha; Aspek-Aspek Studi Kelayakan Usaha; Digitalisasi UMKM pada Era Society 5.0; Strategi Pengembangan Bisnis Startup yang Efektif; Perkembangan Bisnis E-Commerce di Indonesia; Ide dan Peluang Bisnis Era Society 5.0; Peran MSDM dalam Perusahaan; Tantangan Bisnis bagi Generasi Milenial Era Society 5.0; dan Woman Entrepreneur dalam Sektor Ekonomi Kreatif.
ISBN: 978-623-195-136-6
Tgl. Terbit: 9 March 2023
Sistematika penyusunan buku ini, terdiri dari dua puluh dua bab, dengan judul Manajemen Keuangan (Konsep dan Penerapannya dalam Perusahaan). Setiap bab dibahas secara terperinci dengan subbab: Perkembangan Ilmu Manajemen Keuangan; Prinsip dan Pendekatan Manajemen Keuangan; Penerapan Manajemen Keuangan dalam Perusahaan; Konsep Nilai Waktu terhadap Uang; Harga Saham dan Nilai Pemegang Saham; Rasio Likuiditas, Solvabilitas, dan Rentalibilitas; Aktiva Lancar dalam Keuangan Bisnis; Sumber dan Penggunaan Modal Kerja; Tingkat Suku Bunga; Saham, Obligasi, dan Reksa Dana; Investasi dalam Kas; Metode Break Even Point dan Leverage; Manajemen Piutang dan Persediaan; Manajemen Kas dan Surat-Surat Berharga; Manajemen Kredit; Kebijakan Dividen; Struktur Keuangan Perusahaan; Merger dan Akuisisi; Risiko dan Tingkat Pengembalian; Peluang dan Risiko Investasi Saham; Lembaga Keuangan dan Peranan Pasar Keuangan; dan Sistem Perpajakan di Indonesia.
ISBN: 978-623-195-154-0
Tgl. Terbit: 24 March 2023
Buku ini tersusun atas dua puluh dua bab, yang diberi judul Perilaku Organisasi (Digitalisasi SDM). Adapun materi yang dibahas pada setiap bab terdiri dari: Memahami Konsep Perilaku; Sejarah Perkembangan Perilaku Organisasi; Teori Perilaku Organisasi; Metode Pembentukan Perilaku dan Karakteristik Organisasi; Perilaku Individu dalam Organisasi; Bentuk Perilaku Manusia dalam Kelompok; Struktur dan Desain Organisasi; Transformasi Budaya Organisasi Era Digitalisasi SDM; Dinamika Kelompok dan Iklim Organisasi; Kepribadian, Motivasi, dan Stres Kerja; Komitmen Organisasional; Konsep Quality of Work Life; Strategi Menangani Konflik dalam Organisasi; Peluang dan Tantangan Perilaku Organisasi pada Era Digital; Pengelolaan SDM dalam Digitalisasi Human Resources; Pengembangan SDM untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0; Literasi Digital, Kinerja Perangkat Desa dan Percepatan Pencapaian SDGs; Pendekatan Efektivitas Organisasi; Bentuk dan Pola Komunikasi dalam Organisasi; Persepsi dan Pengambilan Keputusan; Perubahan dan Nilai Pengembangan Organisasi; dan Urgensi SDM Inovatif Industri Kreatif pada Era Digital.
ISBN: 978-623-195-180-9
Tgl. Terbit: 4 April 2023
Buku ini tersusun atas dua puluh dua bab, dengan judul Pengantar Ilmu Ekonomi (Perekonomian Modern). Materi yang dibahas secara terpernici pada setiap bab: Konsep Dasar Ilmu Ekonomi; Bentuk Kegiatan Ekonomi; Masalah Ekonomi dan Jenis-Jenisnya; Fungsi Pasar dalam Perekonomian Modern; Teori dan Perkembangan Ekonomi Modern; Teori Permintaan dan Penawaran; Konsep Elastisitas Permintaan dan Penawaran; Sistem Ekonomi dan Fungsinya; Pendapatan Nasional; Kebijakan Fiskal dan Moneter; Teori Inflasi; Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi; Perilaku Konsumen dan Permintaan Pasar; Fungsi Konsumsi dan Fungsi Tabungan; Fungsi Investasi dan Keuntungannya; Kegiatan Produsen Berdasarkan Prinsip Ekonomi; Konsep Produksi; Elemen Utama Struktur Pasar; Pasar Persaingan Sempurna; Pasar Monopoli, Monopolistik, dan Monopsoni; Pasar Oligopoli dan Oligopsoni; dan Ekonomi Internasional.
ISBN: 978-623-195-184-7
Tgl. Terbit: 5 April 2023
Sistematika penyusunan buku ini, terdiri dari dua puluh bab, dengan judul Manajemen Kinerja (Perspektif Balanced Scorecard). Setiap bab dibahas secara terperinci dengan subbab: Konsep Dasar Manajemen Kinerja; Fungsi dan Peran Manajemen Kinerja di dalam Organisasi; Perencanaan dan Pengendalian Manajemen Kinerja; Siklus Manajemen Kinerja; Optimalisasi Manajemen Kinerja dalam Organisasi Bisnis; Optimalisasi Kinerja Pelayanan di Sektor Publik; Penilaian Kinerja dan Prestasi Kerja; Teori dan Tipologi Kepemimpinan; Teori Pengambilan Keputusan; Penerapan Human Capital Management di dalam Perusahaan; Peran Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan; Peran Manajemen Kinerja dalam Memotivasi Karyawan; Kinerja Karyawan Berbasis Talent Management; Sistem Kompensasi yang Seimbang; Tantangan dalam Penerapan Manajemen Kinerja; Sistem Informasi Manajemen; Peran MSDM dalam Menghadapi Tranformasi Digital; Digitalisasi SDM dalam Pengelolaan SDM yang Kompetitif; Konsep dan Perspektif Balanced Scorecard; dan Implementasi Pengukuran Kinerja Berbasis Balanced Scorecard.
ISBN: 978-623-195-210-3
Tgl. Terbit: 11 April 2023
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai dasar-dasar akuntansi. Dalam akuntansi terdapat beberapa kegiatan mulai dari pencatatan, pengumpulan, pengikhtisaran sampai pada penyajian dari transasksi terhadap aktivitas perusahaan, sehingga hal ini sangat penting untuk keberhasilan dalam dunia usaha. Selain itu, akuntansi berperan penting dalam menyajikan informasi keuangan perusahaan dan analisis bisnis yang berguna untuk pengambilan keputusan.
Buku ini terdiri dari dua puluh dua bab, yang diberi judul Pengantar Akuntansi (Implementasi dalam Perusahaan). Adapun pembahasan secara terperinci dengan subbab: Sejarah Perkembangan Akuntansi; Konsep Dasar dan Prinsip Akuntansi; Persamaan Akuntansi; Siklus Akuntansi; Sistem Akuntansi Perusahaan Manufaktur; Bukti Transaksi untuk Pencatatan Keuangan; Jurnal Umum; Jurnal Khusus (Special Journal); Buku Besar dan Neraca Saldo; Jurnal Penyesuaian; Neraca Lajur; Laporan Keuangan Perusahaan Jasa; Jurnal Penutup dan Jurnal Pembalik; Kas; Piutang; Persediaan; Investasi Jangka Pendek dan Investasi Jangka Panjang; Pengendalian Internal; Aset Tetap dan Aset Tak Berwujud; Hutang dan Ekuitas; Sistem Informasi Akuntansi; dan Akuntansi Manajemen.
ISBN: 978-623-195-212-7
Tgl. Terbit: 11 April 2023
Sistematika penyusunan buku ini tersusun atas dua puluh satu bab dengan judul Pengantar Bisnis (Disrupsi, Diversifikasi, dan Digitalisasi). Setiap bab dibahas secara terperinci dengan subbab: Pemahaman Konsep dan Falsafah Bisnis; Komponen Utama dalam Perencanaan Bisnis; Teknik Mengelola dan Mengorganisasikan Bisnis; Urgensi Lingkungan Bisnis; Bentuk-Bentuk Organisasi Bisnis di Indonesia; Memilih Lokasi Usaha yang Tepat; Etika Bisnis dan Penerapannya dalam Dunia Usaha; Tanggung Jawab Sosial Perusahaan; Strategi Bisnis Menghadapi Era Disrupsi; Strategi Diversifikasi Produk; Peluang dan Tantangan Bisnis dalam Disrupsi Industri; Diversifikasi Bisnis dan Manfaatnya; Persaingan Bisnis dalam Ekonomi Digital; Digitalisasi Bisnis untuk Memperkuat Daya Saing; Penerapan Internet of Things pada Dunia Bisnis; Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia; Peran SDM dalam Studi Kelayakan Bisnis; Model Bisnis E-Commerce; Inovasi Produk dalam Transformasi Digital; Peran Digitalisasi Marketing dalam UMKM; dan Strategi Human Capital Management.
ISBN: 978-623-195-250-9
Tgl. Terbit: 3 May 2023
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran dengan penerapan Artificial Intelligence (AI). Teknologi dan informasi yang semakin maju, membawa perubahan yang sangat kuat, tidak terkecuali di bidang pemasaran. Kehadiran Artificial Intelligence (AI) memungkinkan pemasar untuk melakukan riset pemasaran dengan respons cepat. Melalui kecerdasan buatan ini, konsumen dengan mudah mengakses ke produk atau layanan yang mereka butuhkan, dan berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki kebutuhan yang sama. Aktivitas pemasaran telah bergeser untuk mencapai market share melalui peningkatan interaksi dengan pelanggan.
ISBN: 978-623-195-257-8
Tgl. Terbit: 5 May 2023
Sistematika penyusunan buku ini terdiri dari dua puluh bab, dengan judul Dasar-Dasar Akuntansi (Sistem dan Siklus Akuntansi). Adapun pembahasan secara terperinci dengan subbab: Sejarah Akuntansi serta Perkembangannya; Tahapan Siklus Akuntansi; Persamaan Dasar Akuntansi dan Unsurnya; Sistem Akuntansi Perusahaan Dagang; Sistem Akuntansi Perusahaan Jasa; Mengelola Bukti Transaksi; Pencatatan Transaski Keuangan; Jurnal Umum dan Buku Besar; Jurnal Khusus dan Fungsinya dalam Bisnis; Jurnal Penutup; Neraca Saldo dan Jurnal Penyesuaian; Kas dan Surat-Surat Berharga; Utang dan Ekuitas; Piutang dan Persediaan; Aset Tetap dan Aset tak Berwujud; Investasi dan Pasar Modal; Pengendalian Internal dan Risiko; Obligasi dan Sekuritas; Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi; dan Pasar Keuangan di Indonesia.
ISBN: 978-623-195-270-7
Tgl. Terbit: 9 May 2023
Buku ini tersusun atas tujuh belas bab, dengan judul Ekonomi Manajerial (Teori dan Aplikasi). Pembahasan secara terperinci diuraikan dalam subbab: Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial; Konsep Ekonomi Positif dan Ekonomi Normatif; Teori Permintaan dan Kurva Permintaan; Teori Penawaran dan Kurva Penawaran; Keseimbangan Pasar dalam Kegiatan Ekonomi; Hubungan Harga dan Penawaran; Bentuk-Bentuk Elastisitas Permintaan; Analisis Peramalan Permintaan; Teori Produksi; Analisis Perilaku Konsumen; Teori Biaya dan Penerimaan; Struktur Pasar; Pengambilan Keputusan Manajerial dan Ketidakpastian; Analisis Break Even Point (BEP); Keputusan Investasi; Penganggaran Modal; dan Analisis Risiko.
ISBN: 978-623-195-279-0
Tgl. Terbit: 15 May 2023
Penulisan buku ini merupakan ide dari para praktisi dan dosen dari berbagai penjuru di tanah air, dan dituangkan dalam bentuk kolaborasi.
Buku ini berjudul Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen (Teori dan Aplikasi) yang terdiri atas tiga belas bab, membahas mengenai teori tentang ilmu adminsitrasi dan manajemen serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Proses penyusunan buku ini dapat berjalan dengan baik, karena adanya kerja sama dari berbagai pihak yang terlibat. Pada kesempatan ini, kami menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak yang telah memberikan kontribusinya. Secara khusus, terima kasih kepada Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini.
ISBN: 978-623-362-382-7
Tgl. Terbit: 17 February 2022
Buku ini tersusun atas sembilan belas bab dengan judul Manajemen Pemasaran (Implementasi Marketing 4.0). Setiap bab dibahas secara terperinci dengan subbab: Konsep dan Prinsip Manajemen Pemasaran; Penerapan Konsep Inti Pemasaran dalam Bisnis; Digital Marketing Era Revolusi Industri 4.0; Implementasi Marketing 4.0 dalam Dunia Usaha; Strategi Marketing 4.0 dan Hubungannya dengan Big Data; Konsep Pemasaran Marketplace; Menciptakan Nilai, Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan; Transformasi Pemasaran dari Tradisional ke Digital; Segmentasi, Targeting, dan Positioning; Desain, Inovasi, dan Kualitas Produk; Strategi Marketing Mix; Fungsi E-Commerce dalam Pengembangan UMKM; Fungsi dan Dimensi Customer Relationship Management; Peran E-Commerce bagi Perekonomian di Indonesia; Analisis Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen; Efektivitas Sistem Informasi Pemasaran; Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Equity; Meningkatkan Brand Loyalty Konsumen; dan Strategi Penetapan Harga, Promosi, dan Distribusi.
ISBN: 978-623-195-308-7
Tgl. Terbit: 29 May 2023
Kewirausahaan (Peluang dan Tantangan E-commerce) merupakan judul buku ini yang menyajikan pengetahuan secara lengkap mengenai kewirausahaan dalam menghadapi era digital seperti sekarang ini. Buku disusun dalam bentuk book chapter terdiri atas lima belas bab. Kehadiran buku ini, tentunya masih terdapat banyak kekurangan, baik dari materi maupun teknik penyusunannya. Kami sangat berterima kasih atas saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.
ISBN: 978-623-362-381-0
Tgl. Terbit: 17 February 2022
Ide penulisan buku ini, berasal dari pemikiran para dosen dan dituangkan dalam bentuk buku kolaborasi. Penulisan buku ini bertujuan untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, terutama yang berkaitan dengan manajemen dan bisnis dalam konsep ataupun teori, dan disajikan dalam delapan belas bab.
ISBN: 978-623-362-409-1
Tgl. Terbit: 23 February 2022
Sistematika penyusunan buku ini terdiri dari dua puluh dua bab, dengan judul Dasar-Dasar Akuntansi (Konsep, Teori, dan Prinsip). Adapun pembahasan secara terperinci dengan subbab: Teori Akuntansi dan Perkembangannya; Peran dan Fungsi Akuntansi bagi Perusahaan; Prinsip Dasar dan Persamaan Akuntansi; Sisitem Akuntansi dan Komponennya; Siklus Akuntansi Perusahaan Manufaktur; Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa; Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang; Jurnal Transaksi; Buku Besar; Neraca Saldo; Jurnal Penyesuaian; Laporan Keuangan; Jurnal Penutup dan Jurnal Pembalik; Kas, Piutang, dan Persediaan; Aset Tetap; Konsep Utang dan Ekuitas; Sistem Informasi Akuntansi; Akuntansi Keuangan; Akuntansi Keperilakuan; Akuntansi Biaya; Akuntansi Perpajakan; dan Akuntansi Pemeriksaan (Auditing).
ISBN: 978-623-195-508-1
Tgl. Terbit: 11 September 2023
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen biaya dan diharapkan dapat menjadi bahan referensi bagi semua pembaca. Ide penulisan buku ini berasal dari para praktisi dan dosen dari berbagai perguruan tinggi. Hasil pemikiran penulis, dituangkan dalam bentuk book chapter yang diberi judul Manajemen Biaya (Konsep dan Implementasi). Sistematika penyusunan buku ini terdiri dari tiga belas bab yang menyajikan pembahasan mengenai seluk-beluk manajemen biaya.
ISBN: 978-623-362-418-3
Tgl. Terbit: 25 February 2022
Adapun sistematika penyusunan buku ini, tersusun atas enam belas bab dengan judul Manajemen Pemasaran (Perspektif Pemasaran Kontemporer). Setiap bab dibahas secara terperinci dengan subbab: Perkembangan Manajemen Pemasaran; Analisis Lingkungan Pemasaran; Implementasi Konsep Pemasaran; Konsep Pemasaran Kontemporer; Tujuan, Fungsi, dan Tugas Manajemen Pemasaran; Memahami Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) dalam Pemasaran; Perilaku Konsumen Era Society 5.0; Konsep Green Marketing; Bauran Pemasaran dan Aplikasinya; Perbandingan Pemasaran Konvensional dan Pemasaran Digital; Keputusan Pembelian Konsumen; Peluang dan Tantangan Marketing Era Digital; Komunikasi Pemasaran Terpadu; Meningkatkan Brand Awareness dan Brand Image; Peran E-Commerce bagi UMKM; dan Strategi Word of Mouth dalam Dunia Marketing
ISBN: 978-623-195-669-9
Tgl. Terbit: 28 November 2023
Sistematika penyusunan buku ini terdiri atas delapan belas bab, dengan judul Pengantar Ilmu Ekonomi (Konsep, Teori, dan Implementasi). Setiap bab dibahas secara terperinci dengan subjudul berikut: Perkembangan Ilmu Ekonomi; Kegiatan Ekonomi dan Jenisnya; Peran Pelaku Ekonomi dalam Perekonomian; Permasalahan Ekonomi di Indonesia; Sistem Ekonomi Kapitalis, Sosialis, dan Campuran; Sumber Daya Manusia dan Pasar Tenaga Kerja; Faktor Produksi dan Fungsinya dalam Kegiatan Ekonomi; Inflasi; Pengangguran; Kesenjangan Ekonomi: Dampak dan Penyebabnya; Konsep Elastisitas Permintaan dan Penawaran; Teori Permintaan dan Kurva Permintaan; Kurva Penawaran dan Keseimbangan Pasar; Teori Konsumsi; Teori Investasi dan Tabungan; Teori Pertumbuhan Ekonomi; Kebijakan Pemerintah dalam Bidang Perdagangan; dan Elemen Penting dalam Pembangunan Ekonomi. Buku ini terbit dan sampai di hadapan pembaca, berkat dukungan dari banyak pihak. Oleh karena itu, perkenankan kami untuk menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah memberikan kontribusinya. Secara khusus, terima kasih kepada Media Sains Indonesia sebagai inisiator buku ini. Semoga buku ini bermanfaat.
ISBN: 978-623-195-771-9
Tgl. Terbit: 8 January 2024
Buku ini tersusun atas lima belas bab, dengan judul Perpajakan (Teori dan Penerapannya di Indonesia. Setiap bab dibahas secara terperinci dengan subjudul berikut: Konsep dan Ruang Lingkup perpajakan; Teori Pemungutan Pajak; Sistem dan Prinsip Perpajakan di Indonesia; Peran Pajak bagi Pembangunan Nasional; Pentingnya Pajak dalam Perekonomian; Tata Cara Pengenaan dan Penyetoran Pajak; Penerapan Sistem Pemungutan Pajak; Hak dan Kewajiban Wajib Pajak; Aspek Pajak dalam Bisnis; Mengenal E-filling Pajak Era Digital; Pajak Penghasilan Pasal 21; Pajak Pertambahan Nilai; Pajak Penjualan Barang Mewah; Pajak Bumi dan Bangunan; dan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.
ISBN: 978-623-195-759-7
Tgl. Terbit: 8 January 2024
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen kinerja, baik konsep, teori, maupun penerapannya. Buku ini diharapkan dapat memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk Book Chapter ini terdiri atas lima belas bab, dan diberi judul Manajemen Kinerja (Konsep, Teori, dan Penerapannya). Kehadiran buku ini, tentunya masih terdapat banyak kelemahan. Oleh sebab itu, kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.
ISBN: 978-623-362-364-3
Tgl. Terbit: 17 February 2022
ISBN: 978-623-195-848-8
Tgl. Terbit: 26 February 2024
ISBN: 978-623-195-902-7
Tgl. Terbit: 1 April 2024
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen operasional, baik konsep, teori, maupun contoh kasus. Diharapkan buku ini dapat memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca khususnya terkait dengan manajemen operasional. Manajemen operasional merupakan seluruh kegiatan dalam mengatur dan mengoordinasi faktor-faktor produksi secara efektif dan efisien untuk dapat menciptakan serta menambah nilai dan manfaat dari produk dan layanan melalui perubahan dari input menjadi ouput. Buku ini disusun dalam bentuk book chapter yang terdiri atas empat belas bab, dan diberi judul Manajemen Operasional (Produksi dan Operasi). Buku ini masih jauh dari kesempurnaan dan terdapat banyak kekurangan, sehingga kami sangat mengharapkan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya berikutnya.
ISBN: 978-623-362-443-5
Tgl. Terbit: 15 March 2022
Kehadiran buku ini menambah daftar buku-buku ekonomi moneter yang ada sebelumnya, diharapkan buku ini dapat memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca. Buku ini disusun dalam bentuk book chapter yang terdiri atas sebelas bab, dan diberi judul Ekonomi Moneter (Teori dan Kebijakan). Karya ini, tentunya masih belum sempurna dan terdapat banyak kekurangan, sehingga kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.
ISBN: 978-623-362-449-7
Tgl. Terbit: 16 March 2022
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen, baik konsep, teori maupun penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Kehadiran buku ini diharapkan dapat memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca khususnya terkait dengan manajemen. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas sembilan belas bab, dan diberi judul Pengantar Manajemen (Konsep dan Pendekatan Teoretis). Karya ini, tentunya masih terdapat banyak kekurangan, seperti kata pepatah tak ada gading yang tak retak, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Sang Pencipta. Oleh sebab itu, kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.
ISBN: 978-623-362-448-0
Tgl. Terbit: 16 March 2022
ISBN: 978-623-512-018-8
Tgl. Terbit: 10 June 2024
ISBN: 978-623-512-049-2
Tgl. Terbit: 20 June 2024
ISBN: 978-623-512-114-7
Tgl. Terbit: 15 July 2024
ISBN: 978-623-512-119-2
Tgl. Terbit: 17 July 2024
Buku ini diharapkan dapat acuan dan referensi bacaan kepada para pembaca khususnya terkait dengan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran pada era digital saat ini. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas tujuh belas bab, dengan judul Manajemen Pemasaran (Konsep Pemasaran Digital). Dalam penyusunan buku ini, tentunya masih terdapat banyak kelemahan, karena sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Sang Pencipta. Seperti kata pepatah “tak ada gading yang tak retak.” Oleh sebab itu, kami sangat saran dan kritik yang membangun, sangat kami harapkan dari para pembaca.
ISBN: 978-623-362-467-1
Tgl. Terbit: 6 April 2022
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai dasar-dasar manajemen, baik konsep, teori maupun penerapannya. Kehadiran buku ini diharapkan dapat referensi bacaan kepada para pembaca khususnya terkait dengan pengetahuan mengenai dasar-dasar manajemen. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas delapan belas bab, dengan judul Dasar-Dasar Manajemen (Suatu Pendekatan Konseptual).
ISBN: 978-623-362-468-8
Tgl. Terbit: 8 April 2022
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai perilaku organisasi dalam ilmu manajemen, baik konsep, teori maupun penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi referensi serta tambahan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas tiga belas bab, dan diberi judul Perilaku Organisasi (Konsep, Teori, dan Aplikasi). Karya ini, tentunya masih terdapat banyak kekurangan, karena sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Sang Pencipta. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.
ISBN: 978-623-362-476-3
Tgl. Terbit: 8 April 2022
Buku dengan judul Manajemen Keuangan (Tinjauan Teori dan Penerapannya) merupakan buku kolaborasi yang disusun oleh para praktisi dan dosen dari berbagai perguruan tinggi di tanah air. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam menambah khasanah keilmuan terutama mengenai manajemen keuangan.
Manajemen keuangan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan, karena dalam manajemen keuangan diatur mengenai aktivitas berupa perencanaan, pengalokasian dana, pemeriksaan, pengelolaan keuangan, pengendalian dan pengambilan keputusan keuangan perusahaan. Buku ini terdiri dari tiga belas bab yang membahas tentang manajemen keuangan baik secara konsep maupun teori serta contoh kasus.
ISBN: 978-623-362-232-5
Tgl. Terbit: 10 December 2021
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai akuntansi manajemen. Kehadiran buku ini melengkapi buku akuntansi manajemen yang sudah ada sebelumnya, diharapkan dapat menjadi referensi bacaan kepada para pembaca khususnya mengenai akuntansi manajemen. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas dua puluh bab, dengan judul Akuntansi Manajemen (Pendekatan Konseptual).
ISBN: 978-623-362-496-1
Tgl. Terbit: 26 April 2022
Perkembangan ilmu manajemen yang semakin pesat, terutama bidang manajemen strategi. Manajemen strategi merupakan integrasi antara rumusan strategi dan implementasi strategi yang saling berkaitan. Manajemen strategi memiliki peran penting sebagai pengambil keputusan dalam bentuk implementasi dan diterapkan kepada seluruh pihak di dalam organisasi. Sistematika penyusunan buku yang berjudul “Manajemen Strategi (Membangun Keunggulan Kompetitif)” tersusun atas empat belas topik yang saling berkaitan dan diuraikan dalam pembahasan masing-masing bab.
ISBN: 978-623-362-141-0
Tgl. Terbit: 15 October 2021
Buku ini hadir untuk menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca sekaligus menambah daftar buku-buku MSDM yang telah ada.
MSDM merupakan hal terpenting di dalam organisasi, sebab sumber daya manusia adalah aset yang harus dijaga, dipelihara, dan dikelola dengan baik agar tujuan organisasi dapat dicapai secara efektif dan efisien. Keberhasilan sebuah organisasi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang dimiliki.
Buku yang diberi judul MSDM (Transformasi SDM dalam Organisasi) membahas materi mengenai perubahan SDM dalam organisasi, yang disajikan dalam dua belas bab. Karya ini masih terdapat banyak sekali kekurangan baik dari segi teknik penyusunan maupun materinya.
ISBN: 978-623-362-244-8
Tgl. Terbit: 11 December 2021
Buku ini disusun untuk menambah wawasan dan pengembangan keilmuan para pembaca dengan menyajikan book chapter yang berjudul “Pengantar Ilmu Ekonomi (Teori dan Konsep)” yang mengkaji konsep ilmu ekonomi. Perkembangan ilmu ekonomi melalui proses yang sangat panjang dan mengalami penyesuaian, sesuai dengan perkembangan ilmu. Ilmu ekonomi sangat penting dalam kehidupan ini sebab setiap kegiatan dalam masyarakat selalu berkaitan dengan ekonomi. Pembahasan mengenai konsep serta teori ekonomi disajikan melalui dua belas bab yang terdiri dari konsep dasar ekonomi, perkembangan ilmu ekonomi, masalah ekonomi dan pola kegiatan perekonomian, sistem perekonomian di Indonesia, mekanisme pasar: permintaan dan penawaran, pembentukan harga dan keseimbangan pasar, konsep elastisitas, teori perilaku konsumen, teori produksi, fungsi (konsumsi, tabungan, dan investasi), struktur pasar, dan pendapatan nasional dan inflasi.
ISBN: 978-623-362-140-3
Tgl. Terbit: 25 October 2021
Buku ini disusun dalam bentuk book chapter hasil kolaborasi dari para paraktisi dan akademisi. Buku ini terdiri dari dua belas bab yang membahas tentang sistem informasi manajemen. Peranan sistem informasi manajemen sangat penting dalam suatu organisasi, era yang serba digital saat ini memudahkan pertukaran arus informasi yang sangat cepat dan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Kami menyadari bahwa penyusunan buku ini tentu masih terdapat banyak kelemahan dan kekurangan. Oleh sebab itu, kami sangat mengharapkan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya edisi selanjutnya.
ISBN: 978-623-362-200-4
Tgl. Terbit: 12 November 2021
Buku kolaborasi ini berjudul “Pengantar Manajemen (Teori dan Konsep)” mengacu pada konsep dan teori manajemen. Buku ini terdiri dari 12 bab yang menjelaskan mengenai konsep dasar manajemen, sejarah perkembangan manajemen, manajemen sebagai seni, ilmu, dan profesi, prinsip dan fungsi manajemen, lingkungan internal dan eksternal organisasi, proses pengambilan keputusan, prinsip-prinsip dasar kepemimpinan, teori motivasi, komunikasi dalam organisasi, desain organisasi dan wewenang, hubungan antara perubahan organisasi dan perkembangan organisasi, serta jenis dan tujuan pengendalian.
ISBN: 978-623-629-094-1
Tgl. Terbit: 20 July 2021
Buku ini merupakan karya dalam bentuk book chapter, buah pemikiran yang dituangkan dalam bentuk ide dari para dosen dan praktisi yang yang berasal dari berbagai instansi dan perguruan tinggi. Diharapkan buku ini dapat melengkapi pengetahuan dan pemahaman mengenai perilaku konsumen. Dalam konsep pemasaran modern, perilaku konsumen sangat penting untuk pengambilan keputusan dan kebijakan pemasaran yang tepat. Dengan memahami perilaku konsumen, dapat membantu untuk merencanakan produk dan layanan dengan lebih baik dalam perkembangan bisnis demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Buku ini berjudul “Perilaku Konsumen (Tinjauan Kosenptual dan Praktis)” merupakan perpaduan antara pendekatan teoritis dan praktis dengan sistematika penulisan terdiri dari dua belas yang membahas mengenai proses pembentukan perilaku konsumen, pentingnya memahami perilaku konsumen, pengambilan keputusan dalam pembelian, konsep persepsi dan sikap konsumen, loyalitas dan kepuasan konsumen pada produk, (merek, desain produk, dan kualitas produk), afeksi dan kognisi dalam penentuan strategi pemasaran, kepribadian dalam praktik pemasaran, analisis gaya hidup dan psikografis, bauran permasaran dan lintas budaya, pengetahuan produk dan keterlibatan konsumen, dan (karakteristik demografi, ekonomi, sosial konsumen). Buku ini merupakan karya dalam bentuk book chapter, buah pemikiran yang dituangkan dalam bentuk ide dari para dosen dan praktisi yang yang berasal dari berbagai instansi dan perguruan tinggi. Diharapkan buku ini dapat melengkapi pengetahuan dan pemahaman mengenai perilaku konsumen. Dalam konsep pemasaran modern, perilaku konsumen sangat penting untuk pengambilan keputusan dan kebijakan pemasaran yang tepat. Dengan memahami perilaku konsumen, dapat membantu untuk merencanakan produk dan layanan dengan lebih baik dalam perkembangan bisnis demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.Buku ini berjudul “Perilaku Konsumen (Tinjauan Kosenptual dan Praktis)” merupakan perpaduan antara pendekatan teoritis dan praktis dengan sistematika penulisan terdiri dari dua belas yang membahas mengenai proses pembentukan perilaku konsumen, pentingnya memahami perilaku konsumen, pengambilan keputusan dalam pembelian, konsep persepsi dan sikap konsumen, loyalitas dan kepuasan konsumen pada produk, (merek, desain produk, dan kualitas produk), afeksi dan kognisi dalam penentuan strategi pemasaran, kepribadian dalam praktik pemasaran, analisis gaya hidup dan psikografis, bauran permasaran dan lintas budaya, pengetahuan produk dan keterlibatan konsumen, dan (karakteristik demografi, ekonomi, sosial konsumen).
ISBN: 978-623-362-052-9
Tgl. Terbit: 20 August 2021
Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam dua belas bab yang memuat tentang konsep dasar manajemen pemasaran, pentingnya manajemen pemasaran bagi produsen dan konsumen, konsep digital marketing, strategi pemasaran efektif pada era digital, strategi usaha kecil menengah dalam menghadapi digital marketing, pengembangan bisnis melalui pemanfaatan digital marketing, membangun nilai, kepuasan, dan loyalitas pelanggan, bauran pemasaran produk, komunikasi bisnis berorientasi pelanggan, strategi promosi dan distribusi dalam pemasaran era digital, memahami perilaku konsumen untuk meningkatkan penjualan, serta kebijakan dan strategi penetapan harga produk. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam dua belas bab yang memuat tentang konsep dasar manajemen pemasaran, pentingnya manajemen pemasaran bagi produsen dan konsumen, konsep digital marketing, strategi pemasaran efektif pada era digital, strategi usaha kecil menengah dalam menghadapi digital marketing, pengembangan bisnis melalui pemanfaatan digital marketing, membangun nilai, kepuasan, dan loyalitas pelanggan, bauran pemasaran produk, komunikasi bisnis berorientasi pelanggan, strategi promosi dan distribusi dalam pemasaran era digital, memahami perilaku konsumen untuk meningkatkan penjualan, serta kebijakan dan strategi penetapan harga produk.
ISBN: 978-623-362-076-5
Tgl. Terbit: 20 September 2021
Dasar-dasar Manajemen adalah judul buku yang tersusun atas berbagai konsep dan teori yang berkaitan dengan bidang ilmu manajemen yang diuraikan dalam dua belas bab yaitu konsep dasar manajemen, perkembangan ilmu manajemen, lingkungan organisasi, fungsi perencanaan dan penetapan tujuan orgnisasi, fungsi pengorganisasian dan manajemen sumber daya manusia, motivasi dan kepemimpinan, komunikasi manajerial di era digital, perilaku individu dalam organisasi, mengelola konflik di lingkungan kerja, pengambilan keputusan, fase manajemen perubahan, serta fungsi pengawasan dalam organisasi.
ISBN: 978-623-629-093-4
Tgl. Terbit: 20 July 2021
Buku ini disusun untuk menambah buku-buku manajemen risiko yang sudah ada. Oleh karena itu, materi dalam buku ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan pembaca dalam manajemen risiko. Buku ini berjudul Manajemen Risiko (Prinsip dan Implementasi) yang tersusun atas empat belas bab yang berisi materi mengenai konsep, prinsip, teori serta implementasi manajemen risiko. Penulis telah berupaya untuk menyusun secara maksimal. Akan tetapi penulis juga memiliki keterbatasan. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan dari para pembaca demi perbaikan atas kelemahan dan kekurangan buku ini, agar karya selanjutnya dapat lebih baik.
ISBN: 978-623-362-201-1
Tgl. Terbit: 12 November 2021
Pembahasan dalam buku ini diuraikan dalam dua belas bab yang terdiri dari sejarah perilaku organisasi, dasar-dasar perilaku individu dan kepribadian, perilaku kelompok dalam organisasi, perubahan paradigma organisasi, emosi-sikap-perilaku dalam pekerjaan, kreativitas dan inovasi karyawan, persepsi dan unsur-unsur komunikasi, sikap dan kepuasan kerja, strategi efektif mengelola konflik, teori motivasi, dan efektivitas sistem reward. Pembahasan dalam buku ini diuraikan dalam dua belas bab yang terdiri dari sejarah perilaku organisasi, dasar-dasar perilaku individu dan kepribadian, perilaku kelompok dalam organisasi, perubahan paradigma organisasi, emosi-sikap-perilaku dalam pekerjaan, kreativitas dan inovasi karyawan, persepsi dan unsur-unsur komunikasi, sikap dan kepuasan kerja, strategi efektif mengelola konflik, teori motivasi, dan efektivitas sistem reward.
ISBN: 978-623-362-043-7
Tgl. Terbit: 20 August 2021
Buku kolaborasi ini hadir untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai bisnis mencakup aktivitas yang dilakukan baik individu maupun organisasi yang memproduksi barang atau jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan. Buku ini merupakan buah pemikiran dari para praktisi dan dosen dari berbagai perguruan tinggi. Sistematika penulisan buku kolaborasi ini berjudul “Pengantar Bisnis” terdiri dari 12 bab yang menjelaskan mengenai ruang lingkup bisnis, lingkungan perusahaan, startup bisnis, kewirausahaan dan bisnis kecil, penentuan lokasi perusahaan, bentuk-bentuk kepemilikan usaha, etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan, peran dan fungsi manajemen dalam organisasi bisnis, konsep pemasaran dalam bisnis, mengelola keuangan bisnis, bisnis dalam konteks global, serta bank dan lembaga keuangan lainnya. Buku kolaborasi ini hadir untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai bisnis mencakup aktivitas yang dilakukan baik individu maupun organisasi yang memproduksi barang atau jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan. Buku ini merupakan buah pemikiran dari para praktisi dan dosen dari berbagai perguruan tinggi. Sistematika penulisan buku kolaborasi ini berjudul “Pengantar Bisnis” terdiri dari 12 bab yang menjelaskan mengenai ruang lingkup bisnis, lingkungan perusahaan, startup bisnis, kewirausahaan dan bisnis kecil, penentuan lokasi perusahaan, bentuk-bentuk kepemilikan usaha, etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan, peran dan fungsi manajemen dalam organisasi bisnis, konsep pemasaran dalam bisnis, mengelola keuangan bisnis, bisnis dalam konteks global, serta bank dan lembaga keuangan lainnya. Buku kolaborasi ini hadir untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai bisnis mencakup aktivitas yang dilakukan baik individu maupun organisasi yang memproduksi barang atau jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan. Buku ini merupakan buah pemikiran dari para praktisi dan dosen dari berbagai perguruan tinggi.Sistematika penulisan buku kolaborasi ini berjudul “Pengantar Bisnis” terdiri dari 12 bab yang menjelaskan mengenai ruang lingkup bisnis, lingkungan perusahaan, startup bisnis, kewirausahaan dan bisnis kecil, penentuan lokasi perusahaan, bentuk-bentuk kepemilikan usaha, etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan, peran dan fungsi manajemen dalam organisasi bisnis, konsep pemasaran dalam bisnis, mengelola keuangan bisnis, bisnis dalam konteks global, serta bank dan lembaga keuangan lainnya.Buku kolaborasi ini hadir untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai bisnis mencakup aktivitas yang dilakukan baik individu maupun organisasi yang memproduksi barang atau jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan. Buku ini merupakan buah pemikiran dari para praktisi dan dosen dari berbagai perguruan tinggi.Sistematika penulisan buku kolaborasi ini berjudul “Pengantar Bisnis” terdiri dari 12 bab yang menjelaskan mengenai ruang lingkup bisnis, lingkungan perusahaan, startup bisnis, kewirausahaan dan bisnis kecil, penentuan lokasi perusahaan, bentuk-bentuk kepemilikan usaha, etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan, peran dan fungsi manajemen dalam organisasi bisnis, konsep pemasaran dalam bisnis, mengelola keuangan bisnis, bisnis dalam konteks global, serta bank dan lembaga keuangan lainnya.
ISBN: 978-623-362-046-8
Tgl. Terbit: 20 August 2021
Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat, membawa perubahan signifikan dalam segala bidang. Proses digitalisasi merupakan sebuah konsekuensi dari revolusi industri 4.0. Peran manajamen sumber daya manusia sangat penting untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten sesuai dengan kebutuhan industri. Buku yang berjudul “Manajemen Sumber Daya Manusia (Era Revolusi Industri 4.0)” terdapat dua belas bab yang membahas mengenai gambaran umum manajemen sumber daya manusia, fungsi manajemen sumber daya manusia, pentingnya perencanaan SDM dalam prespektif ekonomi, kebutuhan SDM pada era revolusi industri 4.0, (rekrutmen, seleksi, dan pelatihan kerja), revolusi industri 4.0 bagi pengembangan sumber daya manusia, peningkatan kompetensi SDM dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, teori motivasi dan kepemimpinan, kebijakan pemberian kompensasi, efektivitas manajemen karir, peluang dan tantangan sumber daya manusia pada era revolusi industri 4.0, serta kinerja SDM dan penilaia kinerja dalam manajemen sumber daya manusia. Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat, membawa perubahan signifikan dalam segala bidang. Proses digitalisasi merupakan sebuah konsekuensi dari revolusi industri 4.0. Peran manajamen sumber daya manusia sangat penting untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten sesuai dengan kebutuhan industri. Buku yang berjudul “Manajemen Sumber Daya Manusia (Era Revolusi Industri 4.0)” terdapat dua belas bab yang membahas mengenai gambaran umum manajemen sumber daya manusia, fungsi manajemen sumber daya manusia, pentingnya perencanaan SDM dalam prespektif ekonomi, kebutuhan SDM pada era revolusi industri 4.0, (rekrutmen, seleksi, dan pelatihan kerja), revolusi industri 4.0 bagi pengembangan sumber daya manusia, peningkatan kompetensi SDM dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, teori motivasi dan kepemimpinan, kebijakan pemberian kompensasi, efektivitas manajemen karir, peluang dan tantangan sumber daya manusia pada era revolusi industri 4.0, serta kinerja SDM dan penilaia kinerja dalam manajemen sumber daya manusia.
ISBN: 978-623-362-059-8
Tgl. Terbit: 3 September 2021
Buku ini ditulis dalam upaya memberikan kontribusi bagi pemenuhan kebutuhan referensi serta bahan bacaan dan penambahan wawasan yang berkaitan dengan kewirausahaan bagi para pembaca. Kewirausahaan merupakan salah satu faktor pendorong utama kemakmuran serta membantu pertumbuhan ekonomi negara berkembang. Konsep kewirausahaan inovatif dengan memanfaatkan teknologi digital sangat membantu tercapainya tujuan kewirausahaan. Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan yang sangat pesat, menciptakan kebutuhan untuk menggunakan konsep digital entrepreneurship sebagai paradigma bisnis pada era yang serba digital ini. Buku ini diberi judul “Pengantar Kewirausahaan (Tranformasi Digital Entrepreneurship)” tersusun atas dua belas bab, yaitu konsep dasar kewirausahaan, pendekatan dan teori kewirausahaan, karakteristik dan risiko dalam kewirausahaan, peran woman entrepreneur dalam dunia bisnis, sikap dan perilaku wirausahawan, pengembangan motivasi berwirausaha, faktor penentu kesuksesan entrepreneur, pengembangan ide, kreativitas, dan inovasi dalam berwirausaha, peluang dan tantangan wirausaha pada era revolusi indsutri 4.0, strategi penyusunan rencana usaha yang efektif, prespektif MSDM dalam pengembangan UKM, serta digital entrepreneurship untuk mempertahankan bisnis.
ISBN: 978-623-362-137-3
Tgl. Terbit: 25 October 2021
Buku yang berjudul “Pengantar Ilmu Manajemen (Sebuah Pendekatan Konseptual)” ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya para pembaca dan sekaligus menambah daftar buku-buku manajemen yang telah ada. Ilmu manajemen mengalami perkembangan yang semakin pesat. Ilmu manajemen berperan penting sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan, pola-pola manajemen yang terstruktur sangat penting, agar dapat mengelola segala sesuatu secara efektif dan efisien. Book chapter ini terdiri dari empat belas bab dan tiap-tiap bab membahas mengenai konsep yang terkait dengan ilmu manajemen.
ISBN: 978-623-362-143-4
Tgl. Terbit: 25 October 2021
Sistematika penulisan buku dengan judul “Kinerja Karyawan (Era Transformasi Digital)” tersusun atas dua belas bab yang terdiri dari teori kinerja karyawan, konsep transformasi digital human reources, human resources planning dalam proses pengambilan keputusan, orientasi pengembangan karir dan kinerja karyawan era digital, fungsi manajemen kinerja dalam meningkatkan motivasi karyawan, kecerdasan emosional dalam menciptakan hubungan kerja, perspektif sdm kompetitif era transformasi digital, digitalisasi pengelolaan sdm era revolusi industri 4.0, pentingnya penguatan SDM menghadapi ekonomi digital, evaluasi dan metode penilaian kinerja karyawan, strategi peningkatan kinerja karyawan melalui kepuasan kerja, dan peran human capital dalam pengembangan ekonomi kreatif.
ISBN: 978-623-362-142-7
Tgl. Terbit: 25 October 2021
Buku ini diberi judul “Etika Bisnis (Perspektif Teori dan Empiris)” menyajikan materi yang tersusun atas empat belas bab yang diuraikan di dalam masing-masing pembahasan. Walaupun dari segi teknik penyusunan dan materi dari buku ini masih terdapat banyak kelemahan, tetapi kami berusaha untuk memperbaikinya. Oleh sebab itu, saran dan masukan dari para pembaca sangat diharapkan guna perbaikan untuk karya pada masa mendatang.
ISBN: 978-623-362-155-7
Tgl. Terbit: 28 October 2021
Kehadiran buku ini dapat menambah buku-buku manajemen pemasaran yang telah ada. Diharapkan buku ini dapat menjadi referensi dalam menambah khasanah keilmuan terutama mengenai manajemen pemasaran pada era digital. Dalam konsep pemasaran, ditekankan pentingnya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen melalui aktivitas pemasaran terpadu. Perkembangan teknologi yang semakin maju memudahkan para pengusaha dalam memanfaatkan internet dan media digital lainnya khususnya digital marketing sebagai sarana yang efektif untuk memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga produk atau jasa yang dihasilkan dapat dinikmati para konsumen melalui layanan tersebut. Book chapter ini terdiri dari tiga belas bab yang membahas tentang manajemen pemasaran dalam pespfektif digital marketing.
ISBN: 978-623-362-198-4
Tgl. Terbit: 12 November 2021
Buku yang berjudul “Perekonomian Indonesia (Suatu Tinjauan Konseptual)” merupakan buku kolaborasi yang disusun oleh para praktisi dan dosen dari berbagai perguruan tinggi. Kami mengharapkan buku ini dapat menjadi bahan bacaan dan menambah pengetahuan para pembaca, khususnya mengenai perekonomian di Indonesia. Perkembangan perekonomian di Indonesia mengalami banyak perubahan dalam sejarah yang sangat panjang, baik sebelum kemerdekaan maupun setelah kemerdekaan. Dinamika perekonomian di Indonesia beragam sesuai dengan kondisi dan situasi yang terjadi pada masa itu. Sejarah perekonomian, konsep, kebijakan dan sebagainya dibahas dalam empat belas bab, setiap bab menjelaskan satu topik yang terkait dengan perekonomian Indonesia.
ISBN: 978-623-362-199-1
Tgl. Terbit: 12 November 2021
Buku dengan judul “Manajemen Pemasaran” menguraikan teori dan konsep yang terdiri atas 10 bab dan dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mulai dari bab tentang memahami manajemen pemasaran, perumusan strategi pemasaran, strategi pemasaran, segmentasi, menciptakan nila dan kepuasan pelanggan, perilaku konsumen, mengelola komunikasi pemasaran terpadu, bauran pemasaran, strategi penentuan harga, serta strategi saluran distrbusi.
ISBN: 978-623-629-039-2
Tgl. Terbit: 31 May 2021
Book chapter dengan judul “Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan” terdiri dari pada konsep dan teori-teori manajemen sumber daya manusia. Buku ini terdiri atas 10 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai dasar-dasar manajemen sumber daya manusia, peran perencanaan sumber daya manusia, analisis jabatan, rekrutmen dan seleksi, manajemen karir, audit manajemen sumber daya manusia, sumber daya manusia berbasis kompetensi, kinerja dan penilaian prestasi kerja, sistem imbalan, serta sistem informasi sumber daya manusia.
ISBN: 978-623-629-064-4
Tgl. Terbit: 21 June 2021
Buku kolaborasi ini dipersembahkan bagi para pembaca dalam ilmu pengetahuan dalam perspektif manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran merupakan salah satu jenis manajemen yang sangat penting dalam dunia bisnis yang berkaitan dengan produk atau jasa agar lebih dikenal konsumen. Buku ini berjudul “Manajemen Pemasaran (Dasar dan Konsep)” mengacu pada dasar, konsep serta teori-teori manajemen pemasaran. Sistematika buku ini tersusun atas 10 bab yang terdiri dari dasar-dasar manajemen pemasaran, peluang pasar dan peramalannya, strategi pemasaran, segmentasi pasar, nilai dan kepuasan pelanggan, perilaku konsumen, sistem informasi pemasaran, konsep bauran pemasaran 4P dan 7B, strategi penentuan harga, dan strategi saluran distribusi.
ISBN: 978-623-629-077-4
Tgl. Terbit: 21 June 2021
Buku kolaborasi ini merupakan karya dari hasil pemikiran para praktisi dan dosen dari berbagai perguruan tinggi. Book chapter ini membahas mengenai konsep serta strategi bisnis yang selalu relevan dalam menghadapi tantangan pasar yang kompetitif. Buku kolaborasi yang berjudul “Kewirausahaan” yang tersusun dalam 10 bab yaitu ruang lingkup kewirausahaan, karakteristik wirausahawan yang sukses, jenis dan fungsi kewirausahaan, kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha, proses dan motif menjadi wirausaha, modal dasar dalam berwirausaha, strategi bersaing dalam kewirausahaan, faktor penyebab kesuksesan dan kegagalan wirausaha, studi kelayakan bisnis, dan perkembangan dunia bisnis di era digital.
ISBN: 978-623-629-076-7
Tgl. Terbit: 21 June 2021
Buku ini berjudul Dasar-Dasar Manajemen (Konsep dan Teori) menyajikan pengetahuan mengenai konsep dan teori tentang manajemen secara lengkap, dan disajikan dalam lima belas bab. Kehadiran buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pembaca.
Buku ini merupakan ide dari para penulis yang dituangkan dalam bentuk book chapter. Karya ini masih memiliki banyak kekurangan baik dari isi materi maupun teknik penyusunannya. Dengan segala kerendahan hati, kami mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.
ISBN: 978-623-362-308-7
Tgl. Terbit: 5 January 2022
Buku ini merupakan hasil pemikiran dari para praktisi dan akademisi yang dituangkan dalam bentuk buku kolaborasi. Diharapkan buku ini, dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi para pembaca khususnya pemahaman mengenai MSDM. Buku yang diberi judul MSDM (Pendekatan Konseptual dan Teoretis) membahas materi mengenai konsep maupun teori dalam MSDM secara lebih dalam yang disajikan dalam delapan belas bab.
ISBN: 978-623-362-520-3
Tgl. Terbit: 19 May 2022
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran dan diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pembaca.
Buku ini diberi judul Manajemen Pemasaran (Membangun Loyalitas Pelanggan) disusun dalam bentuk book chapter yang disajikan dalam empat belas bab yang menguraikan pembahasan mengenai hal penting yang berkaitan dengan konsep manajemen pemasaran. Kehadiran buku ini, masih terdapat banyak kekurangan. Kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.
ISBN: 978-623-362-305-6
Tgl. Terbit: 5 January 2022
Kehadiran buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pembaca dan memberikan kontribusi positif khususnya pemahaman mengenai MSDM.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah mengakibatkan perkembangan kemajuan yang semakin pesat, perubahan lingkungan masyarakat di dunia menyebabkan persaingan yang semakin kompetitif. Sumber Daya Manusia yang berkualitas memiliki kemampuan untuk bersaing sehingga dapat menciptakan keunggulan kompetitif. Buku yang diberi judul MSDM (Prinsip dan Teori) membahas materi mengenai konsep maupun teori dalam MSDM secara lebih dalam yang disajikan dalam tiga belas bab.
ISBN: 978-623-362-304-9
Tgl. Terbit: 5 January 2022
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai ekonomi internasional, baik konsep maupun teorinya. Kehadiran buku ini diharapkan dapat menambah wawasan dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca.
Buku ini disusun dalam bentuk book chapter yang terdiri atas tiga belas bab, dan diberi judul Ekonomi Internasional (Konsep dan Teori). Karya ini, tentunya masih belum sempurna dan terdapat banyak kekurangan, karena sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Sang Pencipta. Oleh sebab itu, kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.
ISBN: 978-623-362-534-0
Tgl. Terbit: 2 June 2022
Buku ini merupakan hasil kolaborasi dari para praktisi dan akademisi dalam bentuk book chapter. Diharapkan buku ini dapat dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca dalam rangka mengembangkan keilmuan. Sistematika penyusunan buku buku ini terdiri dari 21 bab dan diberi judul Etika Bisnis (Konsep, Teori, dan Implementasi) di mana setiap bab diuraikan pembahasan yang berkaitan dengan etika dalam bisnis.
ISBN: 978-623-362-551-7
Tgl. Terbit: 17 June 2022
Keberhasilan sebuah organisasi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Pengembangan SDM sangat penting dan menjadi perhatian pihak manajemen dalam sebuah organisasi. Persaingan semakin sengit dalam menghadapi era digital seperti sekarang ini, menjadikan perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki. Sistematika penyusunan buku yang diberi judul MSDM (Pengembangan SDM Era Digital) membahas materi mengenai pengembangan SDM di tengah era digital yang semakin canggih, yang disajikan dalam sembilan belas bab
ISBN: 978-623-362-574-6
Tgl. Terbit: 6 July 2022
Persaingan di dunia bisnis semakin sengit dalam menghadapi era digital seperti sekarang ini, menjadikan perusahaan berlomba-lomba untuk memilih strategi yang tepat dalam menjalankan bisnisnya. Sistematika penyusunan buku yang diberi judul Pengantar Bisnis (Konsep E-marketing) membahas materi mengenai perkembangan dunia bisnis di tengah era digital yang semakin canggih, yang disajikan dalam dua puluh satu bab.
ISBN: 978-623-362-585-2
Tgl. Terbit: 11 July 2022
Buku ini diperuntukkan bagi pelajar maupun masyarakat umum dalam memperdalam pengetahuan mengenai manajemen pemasaran, baik dari segi strategi maupun orientasi pasar. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas dua puluh satu bab, dengan judul Manajemen Pemasaran (Strategi dan Orientasi Pasar).
ISBN: 978-623-362-584-5
Tgl. Terbit: 11 July 2022
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen, baik konsep, teori maupun implementasinya. Diharapkan kehadiran buku ini dapat memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca khususnya sehingga lebih memahami ilmu manajemen. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas lima belas bab, dan diberi judul Pengantar Manajemen (Memahami Ilmu Manajemen).
ISBN: 978-623-362-600-2
Tgl. Terbit: 19 July 2022
Buku ini, menyajikan pengetahuan mengenai manajemen bisnis, baik teori maupun implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan buku ini dapat memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca khususnya terkait dengan manajemen bisnis.
Buku ini merupakan hasil pemikiran dari para praktisi dan akademisi yang dituangkan dalam book chapter yang terdiri atas empat belas bab, dan diberi judul Pengantar Manajemen Bisnis (Teori dan Praktis). Karya ini, tentunya masih terdapat banyak kekurangan, seperti kata pepatah taka da gading yang tak retak, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Sang Pencipta. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.
ISBN: 978-623-362-625-5
Tgl. Terbit: 28 July 2022
Buku ini diperuntukkan bagi pelajar maupun masyarakat umum dalam memperdalam pengetahuan dasar-dasar manajemen. Kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi serta menambah daftar buku manajemen yang sudah ada. Penyusunan buku dengan judul Dasar-Dasar Manajemen (Suatu Pengantar) ini terdiri atas dua puluh bab.
ISBN: 978-623-362-627-9
Tgl. Terbit: 29 July 2022
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai ilmu ekonomi, baik konsep, teori maupun implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Kehadiran buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca khususnya terkait dengan ilmu ekonomi. Manusia sebagai makhluk ekonomi senantiasa berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, mempertimbangkan pengorbanan, dan manfaat dari tindakan yang dilakukan. Dengan demikian, memahami ilmu ekonomi sangat penting bagi manusia. Ilmu ekonomi adalah bagian ilmu sosial yang mempelajari perilaku manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas dua puluh bab, dan diberi judul Pengantar Ilmu Ekonomi (Suatu Tinjauan Teoretis). Dalam penyusunan buku ini, tentunya masih terdapat banyak kekurangan, seperti kata pepatah tak ada gading yang tak retak, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Sang Pencipta. Oleh sebab itu, kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.
ISBN: 978-623-362-641-5
Tgl. Terbit: 3 August 2022
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai psikologi industri dan organisasi dalam konsep dan penerapannya dalam organisasi. Kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi referensi serta tambahan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca.
Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas empat belas bab, dan diberi judul Psikologi Industri dan Organisasi (Konsep dan Implementasi). Dalam penyusunan buku ini, tentunya masih terdapat banyak kekurangan, karena sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Sang Pencipta. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya
ISBN: 978-623-362-639-2
Tgl. Terbit: 3 August 2022
Diharapkan kehadiran buku ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya mengenai penganggaran perusahaan.
Sistematika penulisan buku dengan judul Penganggaran Perusahaan (Teori, Konsep, dan Aplikasi) tersusun atas 10 bab yang masing-masing menjelaskan mengenai teori dan konsep serta contoh-contoh penganggaran perusahaan.
ISBN: 978-623-362-316-2
Tgl. Terbit: 18 January 2022
Buku ini, menyajikan pengetahuan mengenai manajemen keuangan, baik teori maupun penerapannya. Kehadiran buku ini diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan mengenai manajemen keuangan kepada para pembaca. Buku ini merupakan hasil pemikiran dari para praktisi dan akademisi yang dituangkan dalam book chapter yang terdiri atas delapan belas bab, dan diberi judul Manajemen Keuangan (Konsep dan Impementasi).
ISBN: 978-623-362-664-4
Tgl. Terbit: 23 August 2022
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai dasar-dasar kewirausahaan, baik dari segi konsep maupun implementasinya. Dengan demikian, kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi bahan bacaan bagi para pembaca dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kewirausahaanBuku ini menyajikan pengetahuan mengenai dasar-dasar kewirausahaan, baik dari segi konsep maupun implementasinya. Dengan demikian, kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi bahan bacaan bagi para pembaca dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kewirausahaan.
ISBN: 978-623-362-688-0
Tgl. Terbit: 6 September 2022
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai dasar-dasar manajemen bisnis serta kewirausahaan, baik konsep maupun teorinya. Buku ini diharapkan dapat referensi bacaan kepada para pembaca khususnya terkait dengan pengetahuan manajemen bisnis dan kewirausahaan. Kehadiran buku ini dapat menambah daftar buku manajemen bisnis yang sudah ada. Sistematika penyusunan buku ini terdiri dari dua belas bab yang disajikan dalam bentuk book chapter, dengan judul Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan.
ISBN: 978-623-362-685-9
Tgl. Terbit: 6 September 2022
Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai dasar-dasar manajemen, baik konsep maupun teorinya. Buku ini diharapkan dapat referensi bacaan kepada para pembaca khususnya terkait dengan pengetahuan mengenai dasar-dasar manajemen serta menambah daftar buku manajemen yang sudah ada sebelumnya. Buku ini disusun dalam bentuk book chapter yang terdiri atas delapan belas bab, dengan judul Asas-Asas Manajemen (Konsep dan Teori).
ISBN: 978-623-362-675-0
Tgl. Terbit: 6 September 2022
Sistematika buku ini dengan judul “Manajemen Sumber Daya Manusia” mengacu pada konsep dan teori-teori manajemen sumber daya manusia. Buku ini terdiri atas 10 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar manajemen sumber daya manusia, perencanaan sumber daya manusia, analisis jabatan, rekrutmen, seleksi, audit manajemen sumber daya manusia, pengembangan sumber daya manusia berbasis kompetensi, kinerja dan penilaian kerja, sistem kompensasi, serta prestasi kerja.
ISBN: 978-623-6290-15-6
Tgl. Terbit: 17 May 2021
Media Sains Indonesia
Alamat :
Melong Asih Regency B40 - Cijerah - Kota Bandung
Fast Respon : +6281294758638