Zaedun Na’im, M.Pd.I.
Editor merupakan dosen tetap di STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang dan pada tahun 2020 hingga sekarang menjabat sebagai ketua program studi atau kaprodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Dan untuk menguatkan keilmuan dan prodi yang ditekuninya tahun 2020 melanjutkan studi ke jenjang program doktoral (S3) prodi Manajemen Pendidikan Islam di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Ketertarikan Editor pada bidang manajemen pendidikan Islam tidak lepas juga dari pengalaman editor sebagai pengelola jurnal atau editor in chief sejak tahun 2017 hingga saat ini pada jurnal Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam milik prodi MPI STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang yang sudah terakreditasi sinta 3 dan juga beberapa karya buku yang sudah dihasilkan berkenaan dengan manajemen pendidikan Islam (bisa dilihat pada profil sinta editor: https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/detail?id=6667607&view=book)
Selain tertarik pada bidang manajemen pendidikan Islam, editor juga memiliki ketertarikan pada bidang pendidikan Agama Islam, hal ini didukung dengan pengalaman editor sebagai editor atau reviewer beberapa jurnal pada perguruan tinggi nasional bidang pendidikan Agama Islam hingga saat ini.
Judul Buku
Sistematika Metode Penelitian Kualitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapannya. Buku ini terdiri atas 11 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengantar Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Paradigma Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Masalah Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Latar Belakang Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Research Gap dan Novelty dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Rumusan Masalah dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Kajian Teori dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Jenis Penelitian Kualitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam, Teknik Pengumpulan Data Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, Analisis Data Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, dan Menyusun Artikel Jurnal Bidang Penelitian Manajemen Pendidikan Islam.
ISBN: 978-623-362-888-4
Tgl. Terbit: 12 December 2022
Sistematika Studi Lembaga Pendidikan Islam disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan mengacu pada pendekatan konsep secara teoritis dan praktis. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengantar Studi Lembaga Pendidikan Islam, Problematika di Lembaga Pendidikan Islam, Kepemimpinan di Lembaga Pendidikan Islam, Motivasi Kerja di Lembaga Pendidikan Islam, Mengelola Budaya Organisasi di Lembaga Pendidikan Islam, Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam, Manajemen Strategi di Lembaga Pendidikan Islam, Manajemen Konflik di Lembaga Pendidikan Islam, Manajemen Perubahan di Lembaga Pendidikan Islam, Raudlatul Athfal (RA) sebagai Lembaga Pendidikan Islam: Konsep Manajemen dan Penerapannya, Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam: Konsep Manajemen dan Penerapannya, Pesantren sebagai Lembaga Pendidikan Islam: Konsep Manajemen dan Penerapannya, Ma’had Aly sebagai Lembaga Pendidikan Islam: Konsep Manajemen dan Penerapannya, Perguruan Tinggi Islam sebagai Lembaga Pendidikan Islam: Konsep Manajemen dan Penerapannya.
ISBN: 978-623-195-153-3
Tgl. Terbit: 21 March 2023
Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi pendidikan dalam bidang manajemen Pendidikan Islam. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam perkembangan ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan tema pembahasan tentang “Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi dalam Pondok Pesantren” Sistematika buku Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi dalam Pondok Pesantren ini disajikan dalam berbagai aspek kehidupan di sebuah lembaga pendidikan khususnya pondok pesantren yang mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapannya. Buku ini terdiri atas 13 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Kajian Teoritis Tentang Kepemimpinan, Tipe-Tipe Kepemimpinan Dalam Pondok Pesantren, Gaya Kepemimpinan Dalam Pondok Pesantren, Komunikasi Dalam Kepemimpinan Pondok Pesantren, Koordinasi Dalam Kepemimpinan Pondok Pesantren, Pengendalian Dalam Kepemimpinan Pondok Pesantren, Pengambilan Keputusan dan Penyelesaian Masalah Dalam Kepemimpinan Pondok Pesantren, Memimpin Perubahan Dalam Pondok Pesantren, Ragam Perilaku Organisasi Dalam Pondok Pesantren, Kepribadian dan Nilai-Nilai Organisasi Dalam Pondok Pesantren, Budaya Organisasi Dalam Pondok Pesantren, Kebijakan dan Praktek Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Pondok Pesantren, dan Perilaku Kepemimpinan Pondok Pesantren yang Efektif.
ISBN: 978-623-362-433-6
Tgl. Terbit: 4 March 2022
Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi pendidikan dalam bidang manajemen Pendidikan Islam. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Manajemen Pendidikan Islam.
Sistematika buku Manajemen Pendidikan Islam ini disajikan dalam berbagai aspek kehidupan di sebuah lembaga pendidikan yang mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapannya. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam, Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam, Manajemen Personalia Pendidikan Islam, Manajemen Kesiswaan Pendidikan Islam, Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam, Manajemen Keuangan Pendidikan Islam, Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Islam, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Manajemen Mutu Pendidikan Islam, Manajemen Perubahan Pendidikan Islam, Manajemen Konflik Pendidikan Islam, Manajemen Pesantren, Manajemen Madrasah, Manajemen Perguruan Tinggi Islam
ISBN: 978-623-362-210-3
Tgl. Terbit: 26 November 2021
Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi pendidikan dari berbagai perguruan tinggi dan pakar bidang penelitian. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam perkembangan ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan tema pembahasan tentang “Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research)”.
Sistematika Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapannya. Buku ini terdiri atas 11 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Paradigma Penelitian Kepustakaan (Library Research), Landasan filosofi dalam Library Research, Perbedaan jenis penelitian Library Research dan studi kasus, Masalah dan rumusan masalah dalam Library Research, Jenis pendekatan dalam Library Research, Sumber dan jenis data dalam Library Research, Teknik pengumpulan data dalam Library Research, Teknik analisis data dalam Library Research, Uji keabsahan data dalam Library Research, Teknik penulisan referensi dan daftar pustaka dalam Library Research, Teknik pembuatan artikel ilmiah hasil Library Research.
ISBN: 978-623-362-636-1
Tgl. Terbit: 2 August 2022
Media Sains Indonesia
Alamat :
Melong Asih Regency B40 - Cijerah - Kota Bandung
Fast Respon : +6281294758638