Dr. Aam Saepul Alam, M.Ag
Animo menjadi editor berawal dari menulis kolaborasi pada kajian Pendidikan, filsafat dan Agama. Editor kuliah tahun 1995 -1999 beasiswa Kemenag di Fakultas Ushuludin Jurusan Tafsir Hadits IAIN Bandung, meraih gelar Serjana Agama (1999) suka mengkaji kajian Tema Pendidikan dalam prespektif Agama dan Filsafat. Melanjutkan S2 Konsentrasi Pendidikan Agama Islam Pasca Sarjana UIN Sunan Gunung Djati bandung (2009) judul Tesis “ Guru Profesionalitas Pandangan Al-Ghazali”. Penulis melanjutkan Doktoral /S3 Beasiswa Kementrian Agama tahun 2017 di almamater yang sama konsentrasi Religious Studies dengan judul Disertasi “Agama Dan Negara” (Pemikiran Politik Hasyim Muzadi) Lulus 2021 dengan nilai IPK. 38,9. Selain ASN di Kementrian Agama juga pengalaman bekerja sebagai dosen tersertifikasi (2013) KOPERTAIS Jawa Barat dan Banten dengan pangkat Lektot/IIIC tempat dinas kerja STAI Siliwangi Garut 2007 sampai 2022 sekarang dosen LB dengan mengampu mata kuliah Tafsir Tarbawi, Ulumul al-Qur’an dan Pendidikan Islam anak Usia Dini, juga sebagai Tim Penilai buku Keagamaan Balitbang Kementerian Agama 2021. Di tahun 2023 penilai buku Bahan ajar PAI PTU di puslitbang Kemenag RI. Adapun tulisan yang pernah dimuat di media diantaranya: Ibnu Kholdun Sang Pemuda Sosiologi (Media Pembinaan DEPAG 2001), Alquran Maha Musik Klasik untuk Janin ( Media Pembinaan Kemenag 2004), GNOT dalam Islam ( Pikiran Rakyat 1989), dan Masyarakat Transisi Kajian Sosiologi ( Resensi di AKSI Media Nasional 1989). Adapun buku yang pernah ditulis yaitu: Konsep-Konsep Lingkungan Dalam Pembangunan Berkelanjutan (Bookschapter MEDSAN ,2022), Dakwah Multikultur ( Bookschapter Medsan, 2022), Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini ( books chapter Medsan, 2022), Landasan Pendidikan (Bookschapter Medsan, 2022) Zakat Era Society 4.0 (Bookschapter Medsan 2023), Isu-isu Pendidikan Islam Kontempoler (Bookschapter Litnus,2023) dan Tafsir Tarbawi (Suatu kajian Pendidikan Berbasis al-Qur’an) dan aktif menulis jurnal nasional maupun Internasional.
Judul Buku
Saat ini kajian konsep dasar pendidikan anak usia dini prespektif Islam masih jarang sekali kebanyakan kajian konsep dasar PAUD secara umum. Maka dengan itu dianggap perlu untuk menulis dan membukukan konsep pendidikan AUD prespektif Islam dilihat dari teoritis, historis dan praktis. Sistematika buku Konsep Dasar Pendidikan AUD Prespektif Islam di setiap bab ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis, sejarah dan praktis. Buku ini terdiri atas 13 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pendidikan AUD dalam Islam, Sejarah dan perkembangan PAUD pada Masa Klasik dan Modern, Sejarah Pendidikan Islam Anak Usia Dini di Indonesia, Makna Anak Usia Dini dalam al-Qur’an, Teori-teori Pendidikan AUD Pandangan Tokoh-Tokoh Islam Klasik, teori-Teori Pendidikan AUD Pandangan Tokoh-Tokoh Islam Kontempoler, Pendidikan Karakter AUD Menurut Islam, Hakikat Belajar AUD Pandangan Para Filosof Muslim, Lingkungan Belajar Anak Usia Dini Menurut Islam, Media Pembelajaran AUD dalam Islam, Evaluasi Pembelajaran AUD dalam Islam, Kelembagaan AUD dalam Islam, dan Problematika Pengembangan PAUD dalam Islam
ISBN: 978-623-362-735-1
Tgl. Terbit: 3 November 2022